Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Sehat diminum Pagi Hari?

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 00:27 WIB
Ilustrasi, teh dapat atasi kesulitan tidur

Ilustrasi, teh dapat atasi kesulitan tidur

LABVIRAL.COM - Mana yang lebih sehat, teh atau kopi? Kedua minuman berkafein tersebut adalah primadona di pagi hari.

Teh dan kopi ini merupakan minuman penambah energi yang bisa diracik sesuai selera. Ada yang menyukai teh dicampur madu, teh dengan susu atau kopi dengan tambahan krim dan susu.

Lantas, manakah yang lebih sehat diminum di pagi hari?

Dilansir Labviral.com dari laman NDTV, kita semua tahu bahwa kafein buruk bagi kesehatan bila dikonsumsi berlebihan. Minum terlalu banyak kafein setiap hari menyebabkan sejumlah gangguan, seperti kegugupan, kecemasan, mudah marah, perut kembung dan detak jantung yang tidak teratur.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan AS atau FDS telah menetapkan batas konsumi kafein yang aman untuk dikonsumsi yaitu 400 mg atau sekitar empat hingga lima cangkir kecil kopi. 

Baca Juga: Jeruk Bali Manfaat Kesehatannya Besar Lho, Cobain!

Jadi, umumnya baik teh atau kopi mempunyai manfaat baik dan buruk untuk kesehatan. Umumnya, konsumsi teh dan kopi tanpa susu dan gula dianggap lebih sehat daripada menggunakan susu dan gula. 

Kopi hitam memiliki lebih banyak kafein dibandingkan teh. Sementara, teh mengandung sekitar 55 mg kafein dalam setiap per/gelas, sedangkan kopi mengandung hampir dua kali lipatnya. Jadi, jika memiliki masalah lambung lebih baik memilih teh dibandingkan kopi.

Manfaat dari kopi dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, membantu dalam mengontrol berat badan dengan meningkatkan metabolisme serta meningkatkan energi bahkan, kopi juga dapat mengurangi risiko demensia. 

Baca Juga: Anak Tidur Mendengkur? Ketahui Ini Penyebab dan Gejalanya

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini