Alasan Mengapa Penderita Hipertensi Dilarang Minum Kopi

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 21:34 WIB
Ilustrasi kopi yang dicampur dengan gula. (Sumber : pixabay.com)

Ilustrasi kopi yang dicampur dengan gula. (Sumber : pixabay.com)

LABVIRAL.COM - Kopi dianggap sebagai minuman yang menyehatkan untuk jantung. Tetapi, ternyata akan berbahaya bagi orang pengidap tekanan darah yang sangat tinggi. 

Dilansir Labviral.com dari laman Insider, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of American Heart Association (AHA), dua atau lebih cangkir kopi dalam sehari dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih tinggi akibat masalah jantung bagi orang dengan tekanan darah tinggi.

Sementara, minum kopi tidak berdampak pada orang dengan tekanan darah normal. Penelitian juga menyebutkan jika seseorang minum kopi satu hingga dua cangkir kopi per/hari dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Baca Juga: Bumil Banyak Minum Kopi Berisiko Anak Bertubuh Pendek

Penulis studi Jepang menganalisis data kesehatan 18.609 perserta berusia 40 hingga 79 tahun. 

Penulis utama studi, Hiroyasu Iso kepada Amerikan Heart Association menemukan hubungan antara minum kopi dan penyebab kematian akibat jantung pada orang pengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi. 

Tekanan darah diukur dengan tekanan di arteri baik ketika jantung bedetak (sistolik) dan ketika jantung diam (diastolik). Tekanan darah tinggi terjadi karea tekanan sistolik sekitar 130 mm Hg di atas tekanan darah diastolik sekitar 80 mm Hg.

Baca Juga: 5 Langkah Menghentikan Diare Tanpa Obat

Lanjut, ia mendefinisikan tekanan darah sangat tinggi sekitar 160 mm Hg atau di atas 100 mm Hg.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini