Jangan Masak Ayam Beku dengan Air Fryer, Ini Alasannya

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 22:22 WIB
Ilustrasi Memasak Ayam dengan Air Fryer

Ilustrasi Memasak Ayam dengan Air Fryer

LABVIRAL.COM - Air fryer merupakan alat dapur paling populer terutama di kalangan para ibu-ibu untuk memasak. Selain lebih ringkas, menggoreng dengan air fryer dipercaya lebih sehat daripada dengan minyak goreng. 

Alat masak ini diklaim dapat memotong kalori sebesar 70 persen hingga 80 persen dan memiliki lebih sedikit lemak jika dibandingkan menggoreng dengan minyak.

Namun, terdapat sebuah penelitian yang dilakukan Centers for Disease Control and Preventation (CDC) mengungkapkan produk ayam beku tidak diizinkan dimasak dengan air fryer. 

Baca Juga: Terapi Bekam Wajah Ternyata Miliki Banyak Manfaat

Dilansir Labviral.com dari laman Boldsky, CDC juga mengtakan produk makanan yang dilapisi tepung roti seperti ayam cordon blue, ayam tepung harus dimasak menggunakan oven konvesional (oven yang menyatu dengan kompor gas dan berada di bawah tungku kompor).

Laporan penelitian tersebut mengungkapkan :

  1. Studi menunjukkan produk ayam beku telah berulang kali ditemukan bakteri salmonella.
  2. Menurut CDC, air fryer tidak memiliki suhu yang diperlukan untuk membunuh bakteri salmonella.
  3. Produk makanan tersebut disaranakan agar dimasak dengan suhu sekitar 75 derajat celsius, agar matang dengan sempura.
  4. Penelitian juga menunjukkan ada beberapa produk air fryer yang dijual dengan harga terjangkau. Tetapi, hal tersebut justru sangat diragukan karena dikhawatirkan belum efektif dapat membunuh bakteri salmonella ketika memasak dengan air fryer.
  5. Laporan CDC juga menujukkan bahwa ayam beku mungkin masih mengandung bakteri salmonella atau bakteri yang tidak terbunuh jika suhunya tidak cukup tinggi.
  6. Selanjutnya, laporan CDC juga mengungkapkan 36 kasus infeksi bakteri serupa dan terdapat 12 permintaan rawat inap di rumah sakit di Amerika Serikat pada 2021. Setiap tahun, penyakit yang berhubungan dengan bakteri menyebabkan 1,35 juta infeksi, dan 420 kasus kematian di Amerika Serikat.
  7. Dalam kasus tertentu, air fryer sebenarnya bisa digunakan untuk memasak ayam beku dengan aman. Tetapi, para ahli merekomendasikan untuk memperhatikan instruksi sebelum ayam beku dimasak. Selain itu juga harus memperhatikan ayam tersebut sudah matang dengan sempurna atau belum.
  8. Sebagai informasi, selain pada daging ayam beku ternyata bakteri salmonella juga ditemukan pada sayuran beku. Sebuah penelitian menyebutkan kasus bakteri salmonella pertama di Finlandia yang terjadi pada 2021 disebabkan oleh tomat beku.
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkini