Kerap Serang Pria, Kenali Tanda dan Gejala Awal Asam Urat

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 22:36 WIB
Ilustrasi, asam urat

Ilustrasi, asam urat

LABVIRAL.COM - Asam urat menjadi salah satu gangguan kesehatan yang bisa menimpa siapa saja. Sebelum kita lebih jauh mengenal asam urat, ketahuilah bahwa asam urat bukan hanya penyakit orang tua loh!

Penyakit yang umumnya berupa rasa ngilu pada persendian ini, juga bisa diderita anak muda karena gaya hidup yang tidak sehat. Maka sebelum kondisinya kian mengganggu, sebaiknya kamu mengenali dahulu apa itu asam urat.

Berikut Labviral berikan penjelasannya untuk kamu.

Baca Juga: Sakit Gigi Sampai Nyut-Nyutan? Ini Penyebabnya

Dalam dunia medis, asam urat dikenal juga dengan istilah gout, sebuah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat pada sendi yang menyebabkan peradangan dan rasa nyeri.

Jika kamu kerap merasakan nyeri yang mengganggu pada pergelangan kaki, lutut dan jari kaki, segeralah memeriksakan diri. Karena bisa jadi, itu merupakan tanda asam urat. Asam urat juga paling sering terjadi di jempol kaki.

Radang yang ditimbulkan oleh asam urat ini biasanya menyebabkan rasa nyeri yang tak tertahankan, hingga menimbulkan pembengkakan dan rasa panas pada area sendi yang dimaksud di atas. Rasa sakit ini, biasanya berlangsung 3-10 hari, di mana beberapa jam pertama, kamu akan mengalami perubahan gejala yang sangat terasa.

Baca Juga: Berisiko Kena Asam Urat, Jangan Mudah Stres Wahai Anak Muda!

Dari beberapa penelitian, penyakit asam urat ini ternyata lebih banyak menyerang pria di atas usia 30 tahun, dan banyak wanita pascamenopause juga mengalami hal yang sama.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini