5 Penyebab Terbentuknya Batu Empedu Dalam Tubuh

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 23:03 WIB
Ilustrasi batu empedu

Ilustrasi batu empedu

LABVIRAL.COM - Potongan padat seperti kerikil dapat terbentuk di kantong empedu kamu. Dimana kondisi itu disebut batu empedu. 

Dilansir dari laman National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), sebenarnya kehadiran batu empedu di dalam tubuh tidak akan kamu sadari. Sebab dalam banyak kasus, kemunculan batu empedu ini tidak memiliki gejala awal.

Sementara itu, bagaimana batu empedu terbentuk? Mengutip dari laman Clevealand Clinic, hati menghasilkan cairan empedu yang mengandung kolesterol, bilirubin, garam empedu, dan lesitin. 

Baca Juga: Daftar Makanan Aman untuk Penderita Batu Empedu

Kolesterol atau bilirubin yang terkumpul di bagian bawah kantong empedu yang mengendap, bisa mengkristal menjadi “batu". 

Batu empedu-pun bisa berukuran sekecil butiran pasir atau sebesar bola golf. Batu empedu bahkan dapat terbentuk, jika kantong empedu mengandung terlalu banyak kolesterol atau bilirubin.

Ada beberapa faktor kemungkinan yang bisa menyebabkan batu empedu terbentuk dalam tubuh kamu, berikut di antaranya:

Baca Juga: Gak Usah yang Terlalu Glamor! Lirik Lagu 'Maharku Surah' – Abi Rafdi & Jelita Ini Sungguh Sederhana

1. Riwayat Keluarga

Apakah ada keluarga yang pernah mengalami batu empedu? Karena penyakit batu empedu ini akan lebih berisiko jika dalam anggota keluarga ada yang memiliki riwayat batu empedu. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini