Kenali Dua Jenis Tindakan Operasi Bagi Pasien Batu Empedu

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 22:50 WIB
Ilustrasi empedu dan liver

Ilustrasi empedu dan liver

LABVIRAL.COM - Batu empedu adalah endapan cairan empedu yang mengeras di kantung empedu. Kondisi ini dapat ditangani dengan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan operasi. 

Ukuran batu ini pun bermacam-macam, mulai dari sekecil butiran pasir hingga sebesar bola golf. Memang, belum diketahui penyebab terbentuknya batu empedu. Namun, ada beberapa faktor yang membuat seseorang berisiko menderita batu empedu. 

Beberapa faktor tersebut meliputi kehamilan, obesitas, pola makan tidak sehat, diabetes, dan kondisi tertentu seperti anemia, leukemia, serta penyakit liver.

Baca Juga: Bercerita Tentang Pasang Surutnya Cinta Remaja, Berikut Lirik Lagu Cinta Seperti Aku – Aurel Hermansyah

Dikutip dari laman Mayo Clinic, tidak semua batu empedu memerlukan perawatan. Banyak di antaranya ternyata tidak menyebabkan masalah, bahkan sekitar 50-70 persen pasien tidak menunjukkan gejala.

Pasien tanpa gejala disarankan untuk tidak menjalani operasi, karena belum ada data lebih lanjut terkait risiko dan manfaat terapi pada kasus tersebut.

Namun, bagi mereka yang mengalami infeksi parah, dua jenis operasi batu empedu seperti laparoskopi/robotik dan operasi terbuka biasanya dilakukan untuk mengatasi gangguan pada empedu ini.

Baca Juga: Rasanya Bagai Ditusuk Jarum, Ini Dia Penyebab Penyakit Asam Urat

Laparoskopi

Selama menjalani operasi dengan cara laparoskopi, dokter akan menggunakan anestesi umum untuk membuat orang tersebut tertidur. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini