Takut Berikan Obat Apotek Saat Anak Sakit Gigi, Ini Dia Cara Alaminya!

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 23:06 WIB
Ilustrasi, sakit gigi pada anak

Ilustrasi, sakit gigi pada anak

LABVIRAL.COM - Anak-anak bisa diserang sakit gigi kapan saja, penyebabnya juga tak lain adanya tumpukan bakteri jika tidak menjaga gigi dengan baik. Apabila sakit gigi sudah menyerang anak-anak, aktivitas seharian bisa jadi tertunda dan juga si anak menjadi lebih rewel dibanding biasanya.

Sakit gigi pada anak harus segera diobati agar tidak mengakibatkan nyeri yang berkepanjangan. Setiap orang tua pasti ingin mempercepat kesembuhan dengan membawa anak konsultasi langsung dengan dokter gigi atau bahkan membeli obat sakit gigi di apotek.

Namun, terkadang orang tua juga tidak paham takaran dosis yang harus diberikan jika membeli obat di apotek. Maka dari itu, bahan alami lah yang akan menjadi jalan alternatifnya. Ada beberapa cara alami untuk mengobati sakit gigi pada anak. Yuk simak!

Baca Juga: 5 Penyebab Terbentuknya Batu Empedu Dalam Tubuh

Kumur dengan air garam

Garam dapat digunakan sebagai obat sakit gigi anak yang alami, karena sifat antiseptik dan antibakteri yang dikandungnya. Ini juga menjadi kepercayaan turun temurun yang dilakukan oleh berbagai generasi saat merasa sakit gigi.

Cara kerjanya, garam dapat mengurangi peradangan, meringankan rasa sakit pada gigi dan gusi, menghilangkan infeksi, dan mencegah pertumbuhan bakteri di mulut. Peran orang tua sangat penting, orang tua bisa mengajak anak untuk berkumur dengan campuran air hangat dan garam beberapa kali hingga anak merasa baikan.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Darah Muda' Relate Banget Sama Semangat Bergejolak yang Dimiliki Anak Muda

Kunyit

Tak hanya berguna untuk pewarna makanan atau penambah rasa, ternyata kunyit juga dipercaya ampuh untuk meredakan nyeri akibat gigi berlubang. Kunyit memiliki sifat anti-inflamai dan antibakteri yang dibutuhkan sebagai obat sakit gigi anak.

Kunyit juga bisa membantu menjaga kesehatan gusi dan mencegah kerusakan gigi karena infeksi bakteri. Caranya, oleskan bubuk kunyit pada gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit kemudian kumur dengan air hangat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini