Sering Mimpi? Badan Tetap Capek Meski Tidur Cukup, Ketahui 4 Tahapan Tidur dan Mana yang Sering Kamu Langgar

Bonifasius Sedu Beribe
Senin 04 Maret 2024, 17:10 WIB
Gaes, apakah kamu sudah cukup tidur tapi tetep saja merasa capek? Apa penyebabnya? (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Kok Bisa?)

Gaes, apakah kamu sudah cukup tidur tapi tetep saja merasa capek? Apa penyebabnya? (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Kok Bisa?)

LABVIRAL.COM - Gaes, apakah kamu sudah cukup tidur tapi tetap saja merasa capek? Apa penyebabnya? Pertanyaan ini banyak yang menanyakannya karena tetap merasa capek meski sudah cukup jam tidur.

Rahasia sebenarnya ada pada cara kamu tidur, apakah sudah tepat atau belum?

Ketahuilah bahwa tidur memiliki ritme seperti halnya bernapas, berjalan dan makan. Semua yang dilakukan oleh tubuh kita selalu memiliki ritme, termasuk tidur. Ritme tidur ini dinamakan Ultradian Sleep Cycle.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kucing Baru Adopsi yang Penakut dan Stress, Agar Kucing Gampang Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Ultradian Sleep Cycle adalah gelombang otak yang diamati oleh peneliti. Diketahui bahwa ada pola atau ritme yang berulang dalam gelombang pada otak saat kamu tertidur. Dalam tiap ritme ini, terdapat 4 tahapan atau jenjang tidur, diantaranya tahap 1, 2, 3 hingga tahap REM.

Tahap 1 adalah tahap merem melek atau tidur ringan yang seringkali dijumpai di gedung DPR yang kerap viral atau ruang kelas belajar saat siang hari. Dalam tahap ini, mata kamu bergerak secara perlahan dan aktivitas otot tubuh mulai melambat.

Kemudian pada tahap 2, pergerakan bola mata kamu berhenti dan detak jantung mulai melambat. Suhu tubuh akan menurun dan kamu jadi makin sulit dibangunkan karena tubuh sudah mulai siap untuk masuk ke tahap selanjutnya, yaitu tahap tidur lelap.

Baca Juga: 3 Cara Atasi Rasa Malu, Ternyata Sangat Mudah dan Bisa Bikin Percaya Diri Tumbuh Lagi

Pada tahap 3 ini, kamu sudah tertidur lelap dan gelombang otak menjadi sangat lambat dan tubuh berada dalam keadaan rileks. Setelah itu, masuk pada tahap REM, atau tahap Rapid Eye Movement. Dalam tahap ini, mata kamu bergerak cepat, nafas menjadi lebih pendek dan tekanan darah akan meningkat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini