Tips Tubuh Tetap Sehat dan Bugar Meskipun Berpuasa Selama Bulan Suci Ramadhan

Aci
Rabu 06 Maret 2024, 16:06 WIB
Tips Tubuh Tetap Sehat dan Bugar Meskipun Berpuasa Selama Bulan Suci Ramadhan (Sumber : YouTube: Halosehat)

Tips Tubuh Tetap Sehat dan Bugar Meskipun Berpuasa Selama Bulan Suci Ramadhan (Sumber : YouTube: Halosehat)

LABVIRAL.COM - Bulan puasa merupakan momentum istimewa bagi kaum muslim seluruh dunia puasa tapi bulan puasa juga diidentikan dengan dehidrasi atau rasa lemas yang dialami oleh seseorang yang melakukan aktivitas sepanjang hari.

Tapi anda tak perlu khawatir karena anda bisa tetap sehat dalam melakukan aktivitas meski sedang menjalani puasa ramadhan bersama dengan dokter Deta berikut tips agar tubuh tetap sehat bugas selama bulan puasa. 

Bagi anda yang menggunakan puasa sebagai alasan untuk tidak bersemangat tentu hal ini tidak baik ya banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk sehat da bugar sepanjang hari berikut beberapa tipsnya.

Baca Juga: Jangan Bingung Bunda, Ini 12 Rekomendasi Makanan Buka Puasa dan Sahur, Ayah Juga Pasti Bisa Buatnya!

  1. Pertama minum air yang cukup berpuasa selama 13 hingga 14 jam lamanya tentu bisa membuat anda merasa sangat haus namun anda bisa mencegah rasa haus yang berlebih atau mencegah dehidrasi dengan memenuhi asupan cairan yang cukup. Pastikan anda mengkonsumsi air sebanyak 8 gelas atau 15 liter selama malam hari hingga waktu sahur.
  2. Kedua konsumsi makanan bernutrisi konsumsi makanan bernutrisi memang sangat penting hal ini tentu bisa menjaga kesehatan anda selama ramadan, pastikan anda mengkonsumsi buah - buahan dan sayuran makanan mengandung protein yang sehat dari telur atau daging tanpa lemak konsumsi serta dari sayur bisa membantu anda menahan rasa lapar saat berpuasa seharian
  3. Ketiga kurangi makanan berlemak atau digoreng gorengan atau makanan yang digoreng biasanya menjadi salah satu santapan yang menjadi andalan saat berbuka puasa hampir setiap hari gorengan selalu tersedia saat berbuka puasa sebaiknya anda menghindari atau mengurangi aspan makan yan digoreng atau berlemak lainnya tentu makanan yang digoreng dapat meningkatkan kolesterol anda selain itu makanan yang berlemak bisa memperlambat proses pencernaan anda ini bisa memicu anda mengalami sembelit meskipun makanan mengandung lemak diperlukan tubuh anda tetap harus membatasi asupannya selanjutnya perlu diimbangi juga dengan asupan serat dari buah dan sayur.
  4. Keempat tidak beraktifitas berlebihan Ini khusus bagi anda yang bisa mengurangi aktifitas sehari - hari sebaiknya anda mengurangi tingkat aktivitas yang berlebihan untuk menjaga energi anda selama berpuasa.
  5. kelima menjaga waktu tidur waktu tidur yang direkomendasikan bagi orang dewasa yaitu 9 jam namun bagi anda yang rutin makan sahur Pastikan untuk tidak langsung tidur setelah makan sahur tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan terlebih dahulu setelah anda makan.
  6. Keenam olahraga dan hinari stres mungkin ada sebagian dari anda yang mengurangi olahraga atau bahkan meninggalkannya saat bulan ramadhan sebaiknya anda berolahraga secara rutin anda bisa memilih waktu olahraga saat malam hari olahraga ringan seperti berjalan selama 20 sampai 30 menit bisa anda lakukan agar tubuh tetap sehat sepanjang hari selanjutnya anda pun harus menghindari stres stres tidak hanya mempengaruhi pikiran anda namun ini bisa berdampak buruk terhadap usus ini bisa menimbulkan radang usus.

Baca Juga: Profil Ramadhan Sananta, Pencetak Dua Gol Tim Indonesia di Final SEA Games 2023

Nah Itulah penjelasan mengenai tips menjaga tubuh agar tetap sehat saat ramadan, semoga bermanfaat ya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini