Saat Telur Disalahkan! Anggapan Makan Telur Bikin Bisulan Bisa Jadi Teror Akhir Bulan

Bonifasius Sedu Beribe
Jumat 08 Maret 2024, 17:06 WIB
Apakah ada yang pernah bertanya ke dokter bahwa makan banyak telur bisa bikin bisulan? (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Dokter 24)

Apakah ada yang pernah bertanya ke dokter bahwa makan banyak telur bisa bikin bisulan? (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Dokter 24)

LABVIRAL.COM - Apakah ada yang pernah mengalami bisulan dan menduga bahwa itu karena mengonsumsi telur? Atau apakah ada yang pernah bertanya ke dokter bahwa makan banyak telur bisa bikin bisulan?

dr. Maria Silvia melalui channel Youtube Dokter 24, menjelaskan bahwa sampai sekarang ini, masih banyak masyarakat Indonesia yang takut untuk makan telur setiap hari.

Katanya, banyak makan telur bisa bikin bisulan di beberapa bagian tubuh.
Informasi ini sudah dipercaya banyak orang. Lalu kira-kira benar enggak ya?

Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang padat akan nutrisi dan harganya tergolong murah, mulai dari protein, lemak, omega 3, vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin E, fosfor, hingga selenium bisa ditemukan di dalam telur.

Baca Juga: 37 Trik Rahasia Ini Jarang Dipakai. Kamu Bisa Jadi Rekan Kerja yang Diandalkan Teman dan Dihargai Atasan

Hal inilah yang membuat telur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Misalnya, menjaga kesehatan otak, mengontrol berat badan hingga menjaga kesehatan dan fungsi jantung.

“Besar banget ya, peran telur pada kesehatan tubuh ini. Sayangnya, konsumsi telur dalam jumlah banyak kerap kali dihindari, karena disebut-sebut bisa menyebabkan bisulan. Wah, bahaya dong!,” kata Dokter Silvi.

Ternyata, anggapan yang mengatakan bahwa banyak makan telur bisa menyebabkan bisulan ternyata sebagian hanya mitos saja. Sakit bisul bukan disebabkan karena makan makanan tertentu, tetapi karena infeksi bakteri Staphylococcus aureus pada folikel rambut di kulit.

“Pada dasarnya, bakteri ini sering ditemukan di permukaan kulit atau di dalam hidung, tapi biasanya tidak akan menimbulkan masalah apapun. Tapi, bakteri Staphylococcus aureus bisa menginfeksi tubuh kalau ada luka gores atau gigitan serangga di permukaan kulit,” sambungnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Mom

Anak Alergi Telur? Begini Penjelasannya

Selasa 09 Mei 2023, 23:34 WIB
Anak Alergi Telur? Begini Penjelasannya
Berita Terkini