37 Trik Rahasia Ini Jarang Dipakai. Kamu Bisa Jadi Rekan Kerja yang Diandalkan Teman dan Dihargai Atasan

Bonifasius Sedu Beribe
Jumat 08 Maret 2024, 16:49 WIB
Labviral memberimu 37 panduan agar bisa membaca bahasa tubuh orang lain, terutama yang bekerja di kantor (Sumber : Freepik)

Labviral memberimu 37 panduan agar bisa membaca bahasa tubuh orang lain, terutama yang bekerja di kantor (Sumber : Freepik)

LABVIRAL.COM - Ilmu bahasa tubuh adalah salah satu kunci kemenangan yang begitu baik. Hal ini bisa kamu pakai dimana saja, termasukdi rumah, di kantor, di perjalanan, apalagi bertemu dengan orang baru.

Bahasa tubuh seseorang bisa menjadi penanda bahwa orang itu nyaman denganmu atau tidak. Maka, kamu harus memiliki pengetahuan yang baik tentang cara berinteraksi seperti ini.

Kali ini, Labviral memberimu 37 panduan agar bisa membaca bahasa tubuh orang lain, terutama yang baru pertama kali kamu jumpai. Ini panduan agar kamu bisa memutuskan sesuatu yang menguntungkanmu dan tim kamu.

Baca Juga: Cara Memotong Kuku Kucing Agresif, Bagusnya Sebelum atau Sesudah Mandi? Yuks Simak Tipsnya Biar Makin Paham

Termasuk dalam aktivitas bekerja di kantor yang kandang dipenuhi dengan intrik. Biasanya, ada karyawan yang mudah menyenangkan hati atasan, ada pula yang terlihat selalu tertekan dan minder.

Hal itu bisa terjadi dari caramu bersikap pada sebuah masalah, atau aktif dalam pekerjaan yang dilakukan. Tapi kadang, meski sudah melakukan yang terbaik, kamu tetap juga tidak benar-benar merebut hati mereka.Mungkin, kerena kamu belum mengetahui trik psikologi yang efektif diterapkan. Ini menyangkut hal dasar seperti bahasa tubuh, cara berbicara, dan caramu mengambil inisiatif. Mari, kita pelajari!

Baca Juga: Auto Disukai Teman Kantor dan Bisa Bikin Bos Batal Marah, Ada 17 Kunci Rahasia yang Bisa Kamu Pakai di Tempat Kerja

  1. Menggosokkan kedua telapak tangan adalah tanda positif seolah mengatakan “Semoga kamu berdua bisa saling menguntungkan”.
  2. Kalau seseorang menjabat tanganmu dengan kedua tangannya, maka dia bisa dipercaya.
  3. Kalau telapak tangannya di atas tanganmu, dia sedang bersimpati padamu. Tapi itu jika dilakukannya secara spontan kalau kalian sudah berjabat tangan, lalu dia meletakkan tangannya di atas tanganmu, artinya dia sedang menunjukkan dominasinya.
  4. Kalau kamu memegang tangan seseorang dari bawah, itu menunjukkan kamu selalu ada untuknya.
  5. Kalau seseorang tiba-tiba menggunakan tangan satunya untuk menyentuh siku lengan atau bagian tubuh lainnya saat berjabat tangan, tandanya dia sangat ingin ditemani. Putuskan sendiri bagaimana reaksimu.
  6. Jika seseorang tiba-tiba mencondongkan badan ke arahmu, itu pertanda bagus. Terutama jika tangannya terbuka dan telapak tangannya menghadap ke atas, artinya dia berusaha tetap dekat denganmu.
  7. Kalau dia menjauhkan badannya, maka dia tidak ingin dekat denganmu. Jika dia melakukannya sambil duduk, sudah pasti dia juga bosan dengan obrolanmu serta tidak nyaman denganmu.
  8. Jika dia berdiri tegak dengan membusungkan dada dengan posisi kuat, ini seolah mengatakan bahwa ‘Akulah yang berkuasa’. Sangat menunjukkan dialah yang jauh lebih dominan.
  9. Jika ia membungkuk, itu tanda kebalikannya. Mereka yang posturnya baik akan lebih disukai dan lebih sering mendapatkan promosi kerja.
  10. Jika seseorang memejamkan mata saat berbicara denganmu, bukan berarti dia tidak mau melihatmu. Seringkali, itu berarti dia sangat berkonsentrasi dan ingin mengatakan sesuatu yang sangat penting.
  11. Jangan berkecil hati jika kamu tidak diperhatikan. Rata-rata, dibutuhkan tiga upaya sebelum orang dapat membaca tanda yang kamu buat.
  12. Jika ada masalah yang dibahas dan orang yang kamu ajak bicara lebih tertekan dan kamu mendengarnya, berarti kamu akan membuat orang lain merasa penting dan dihormatinya. Bagaimanapun, orang-orang sangat suka saling menolong.
  13. Mulailah dengan kontak mata. Jangan takut menatap mata seseorang saat meminta sesuatu. Ini menunjukkan kamu jujur kepadanya dan biasanya ia akan sangat menghargainya. Orang-orang takkan mempercayaimu kalau kamu menyembunyikan matamu dari mereka.
  14. Orang-orang suka kalau nama mereka disebutkan dengan keras. Mengucapkan nama seseorang dalam percakapan adalah kunci dalam membangun hubungan yang meyakinkan. Maka saat kamu bertemu dengan seseorang pertama kalinya, cobalah untuk mengingat namanya dan gunakan dalam percakapan selanjutnya. Ya, orang sangat suka mendengar nama mereka disebut. Mungkin sulit dilakukan, tapi hasilnya membuatmu menjadi terlihat menarik.
  15. Pernahkah kamu melakukan kesalahan di kantor dan tahu kalau namamu akan dipanggil dalam pertemuan? Duduklah di samping bosmu atau di samping rekan kerja yang sedang marah padamu. Keberadaanmu di dekat mereka akan membuat mereka tidak nyaman dan kemungkinan besar mereka tidak akan berteriak kepadamu atau membuat konflik yang lebih besar. Paling tidak, dia tak akan marah lagi.
  16. Cobalah diwawancara pada giliran pertama atau terakhir. Jadilah yang pertama atau terakhir saat memberikan presentasimu, karena itulah yang paling diingat orang. Jangan memilih bagian tengah-tengah.
  17. Pastikan tanganmu hangat saat bersalaman dengan calon atasanmu memiliki tangan yang hangat memberikan kesan kamu orang yang hangat.
  18. Jangan membujuk terlalu berlebihan. Itu bisa membuat orang lain tidak nyaman dan pusing dengan memberikan pilihan apa padamu.
  19. Saat seseorang menyentuh lehernya, bisa jadi itulah insting yang dia lakukan untuk melindungi diri. Ia merasa tidak nyaman.
  20. Sentuhan pada hidung menandakan dia sedang berbohong. Dia pasti sedang mengecek apa hidungnya memanjang seperti Pinokio.
  21. Menyembunyikan tangan saat mengobrol artinya ada sesuatu yang dia sembunyikan dan dia tak ingin kamu mengetahuinya.
  22. Dia memainkan rambutnya, tandanya dia sedang menggodamu dan merasa sangat nyaman di dekatmu. Tapi memainkan dan menyentuh rambut juga bukanlah gestur yang positif. Mungkin saja dia sedang berusaha memecah keheningan atau menenangkan rasa gugupnya.
  23. Berpura-pura mengambil rambut yang menempel di sweater adalah sikap pengalihan fokus. Orang itu tidak senang dengan isi pembicaraanmu, tapi dia tidak mengatakannya secara langsung.
  24. Karena takut akan menyinggungmu, mengetuk-ngetukkan jari diatas meja adalah gerakan refleks untuk menyembuhkan diri saat kamu merasa jengkel atau tidak sabar.
  25. Kalau seseorang menyilangkan tangannya di depan, artinya dia sedang berusaha melindungi diri, terutama dari lawan bicaranya. Kamu pasti telah membuatnya terintimidasi.
  26. Kalau dia menyilangkan tangannya di belakang, menjadi ketenangan dan dia tidak takut lagi menjabat tangan.
  27. Coba dengarkan baik-baik nada suara normal seseorang, lalu bandingkan dengan nada suaranya saat berbicara denganmu dan nadanya akan lebih tinggi, artinya dia menyukaimu. Jadi, itu hanya pertanda kamu perlu mendengarkan dengan seksama.
  28. Menggosok dagu adalah cara untuk mengatakan, “Saya begitu tenggelam dalam pikiran saya. Saya akan keluar dari kenyataan”.
  29. Jika seseorang mulai membersihkan pakaiannya meski tidak kotor atau berdebu, dia sangat tidak setuju dengan sesuatu, tapi belum memutuskan.
  30. Apakah dia ingin mengungkapkan pikirannya? Menggosok alis atau dahi adalah cara untuk memutus kontak mata dan kembali fokus. Ini mungkin menunjukkan orang tersebut dalam situasi sulit dan tak sanggup memikirkan hal lain.
  31. Kamu benar-benar dapat membaca pikiran jika memperhatikan arah yang dilihat orang saat dia berpikir. Jika dia melihat ke bawah dan ke kiri, artinya batinnya sedang berdebat dan memutuskan sesuatu. Orang akan melihat ke bawah dan ke kanan saat mencoba mengingat sesuatu atau menggunakan imajinasinya.
  32. Cobalah beberapa sikap dan gerak tubuh yang khas selama percakapan. Jika dia menirumu, kamu akan berhasil memikatnya.
  33. Jangan mengeluh tentang masalahmu. Tidak ada yang suka mendengarnya. Jadi, jagalah obrolanmu tetap positif dan konstruktif.
  34. Orang-orang selalu menilai kesan pertama dari sumber yang paling mudah didapat, yaitu penampilanmu dan gaya yang paling sesuai untuk obrolan itu. Tapi, kamu tidak perlu membahas hubunganmu dengan memakai setelan jas. Itu aneh.
  35. Saat kamu bicara dengan orang yang baru kamu kenal, perhatikanlah warna rambutnya dulu. Ini akan memberi alasan menjaga kontak mata dan melontarkan pujian. Carilah sesuatu yang sama-sama kalian rasakan, mungkin hobi atau masalah sehari-hari yang sama atau kalian berdua sukai.
  36. Saat bicara, jangan menyilangkan dan melipat tangan. Ini adalah posisi defensive yang menunjukkan kamu tidak menyukai obrolan ini. Seringkali kamu akan segera melihat lawan bicaramu mengikuti gesture ini dan kalau sudah begini percakapanmu mungkin takkan ada hasilnya.
  37. Mengunyah permen karet membuatmu terlihat fokus dan kegiatan ini membuat otakmu merasa nyaman. Otakmu akan mengirimkan pesan bahwa kamu akan baik-baik saja kalau kamu dalam bahaya karena ini akan membuatmu terasa lebih santai.

Baca Juga: Ciri Bayi 6 Bulan Tumbuh Sehat dan Cara Stimulasinya, Dijamin Langsung Bisa Duduk dan Merangkak dengan Cepat

Sebagai kunci, ada 37 cara sederhana di atas yang bisa membuatmu mendapat respek dari rekan kerja dan kamu bisa dipertimbangkan dalam berbagai keputusan strategis. Ingat, attitude itu sangat penting, ya!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini