Ciri Bayi 6 Bulan Tumbuh Sehat dan Cara Stimulasinya, Dijamin Langsung Bisa Duduk dan Merangkak dengan Cepat

Bonifasius Sedu Beribe
Jumat 08 Maret 2024, 12:56 WIB
Begini cara menstimulasi bayi 6 bulan, dijamin langsung bisa duduk dan merangkak dengan cepat (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Gue Sehat)

Begini cara menstimulasi bayi 6 bulan, dijamin langsung bisa duduk dan merangkak dengan cepat (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Gue Sehat)

LABVIRAL.COM - Pada usia 4 sampai 6 bulan, bayi sudah menunjukkan kemampuan motorik tertentu. Berapa perkembangan motorik bayi pada usia ini yang pertama adalah bayi dapat mengangkat kepalanya sejajar dengan leher, kemudian menggunakan tangan sebagai penopangnya.

dr. Attila Dewanti, Sp.A (K) melalui chanel Youtube Gue Sehat, menjelaskan bahwa perkembangan bayi 6 bulan yang sehat, salah satunya adalah bisa menggerak-gerakkan tubuh seperti mengangkat dan menghisap jempol kakinya untuk bermain-main sendiri.

Kadang-kadang, ia juga memperhatikan tangannya yang bisa bergerak-gerak.

“Yang keempat, ketika diberdirikan kakinya sudah bisa menjejak, walaupun belum bisa berdiri sendiri. Latihan yang bisa dilakukan oleh Mams adalah sambil bermain, mencoba mendudukkan si kecil karena tulang belakangnya sudah cukup kuat untuk menjaga tubuhnya,” jelasnya.

Baca Juga: Ada 17 Trik Psikologis Kenali Lawan Bicara, Bisa Ketahuan Jika Dia Gak Suka Sama Kamu

Cara berikut untuk menstimulasi bayi 6 bulan adalah berguling dari posisi tengkurap ke terlentang atau sebaliknya. Hal ini bisa dicoba setiap hari saat habis mandi pagi atau mandi sore.

“Kita juga bisa memberikan stimulasi untuk meraih benda-benda yang ada di sekitarnya. Dia juga sudah mulai menyembur dan ngoceh-ngoceh,” sambungnya.

Ibu juga bisa mencoba memposisikan bayi dalam posisi terlentang atau dengan posisi tengkurap, lalu memberikan mainan sebagai penarik pada sisi samping atau berlawanan.

“Biar dia berusaha ngambil ke depan. Dia sudah bisa menggunakan kedua tangannya kiri dan kanan dan kemudian dia meraih dan menggenggam,” lanjutnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini