Makanan dan Herbal yang Ampuh Untuk Hilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Aci
Rabu 13 Maret 2024, 16:20 WIB
Makanan dan herbal yang ampuh hilangkan bau mulut saat berpuasa (Sumber : Istockphoto.com)

Makanan dan herbal yang ampuh hilangkan bau mulut saat berpuasa (Sumber : Istockphoto.com)

Labviral.com - Saat kita berpuasa kita tidak makan dan minum selama berjam-jam, sehingga produksi air liur kita akan berkurang. Hal tersebut memicu pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.

Selain produksi air liur, ada beberapa hal yang juga menyebabkan bau mulut antara lain yaitu sariawan, gigi berlubang dan karang gigi dapat juga menyebabkan bau mulut.

Selain itu adanya penyakit pada rongga hidung dan tenggorokan seperti sinusitis kebiasaan merokok serta beberapa penyakit sistemik seperti diabetes mellitus gangguan pada ginjal gangguan pencernaan juga dapat memicu bau mulut.

Makanan dan minuman seperti pete jengkol terasi kopi minuman beralkohol dan keluarga bawang-bawangan seperti bombay bawang merah bawang putih daun bawang juga menyebabkan bau mulut.

Berikut beberapa makanan ampuh menghilangkan bau mulut:

Baca Juga: 3 Olahraga Ringan di Rumah selama Berpuasa, Biar Badan tetap Fit

  • susu atau produk olahan seperti yogurt Hal ini karena yogurt mengandung probiotik yang dapat mengurangi jumlah bakteri penyebab bau mulut.
  • Buah Jeruk kaya akan vitamin C membuat buah jeruk dapat meningkatkan produksi air liur, yang membuat bakteri bau mulut tidak bisa berkembang.
  • Teh hijau, mengandung zat yang bersifat antioksidan antibakteri yang dapat mengurangi peradangan.  Teh Hijau ternyata juga bisa mengurangi bau mulut.
  • Daun sirih memiliki efek antibakteri dan dapat membantu menjaga kebersihan gigi dan mulut.
  • Selain itu akar manis atau licorice dan daun saga juga mengandung senyawa antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut pasta gigi yang membuat nafas segar dan mengurangi bau mulut.

Baca Juga: Cara Agar Kuat Puasa Meskipun Tak Sahur. 7 Tips Biar Puasa Terasa Ringan, Kuat Sampai Sore, Jangan Kalah Sama Bocil

  • Siwak bahan alami yang dapat menghambat dan mematikan pertumbuhan bakteri serta menguatkan email pada gigi sehingga siwak dapat dipakai sebagai pengganti pasta gigi saat berpuasa. Selain itu jiwa dapat menjaga kesehatan gusi dan jaringan penyangga gigi menghentikan perdarahan dan peradangan gusi serta dapat menstimulasi produksi kelenjar air liur sehingga dapat menstabilkan kondisi asam di dalam mulut.
  • Kamu juga bisa minum air putih 8 gelas sehari bisa membantu mengurangi bau mulut.

Baca Juga: Tips Puasa untuk Ibu Menyusui, Kalau Mau Aman Ikuti Anjuran Ini

Nah itu dia beberapa makanan dan herbal penghilang bau mulut yang suka muncul ketika kamu berpuasa. Semoga bermanfaat ya.**

 

Sumber: YouTube/Stylo Indonesia

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini