Tips Memilih Pete yang Bagus Anti Ulat

Aci
Jumat 15 Maret 2024, 12:32 WIB
Tips memilih pete yang bagus tanpa ulat (Sumber : YouTube/Sajian Sedap)

Tips memilih pete yang bagus tanpa ulat (Sumber : YouTube/Sajian Sedap)

Labviral.com - Petai, pete, atau mlanding merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan, anak-suku petai-petaian. 

Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Bijinya, yang disebut "pete" juga, dikonsumsi ketika masih muda, baik segar maupun direbus.

Dibalik aromanya yang kurang sedap, pete memiliki rasa yang nikmat bagi pecintanya.

Terlebih jika dijadikan sebagai lalapan dan juga  campuran olahan sambal atau sambal petai untuk itu ga heran kalau banyak yang suka dengan makanan satu ini.

Dalam membeli pete, kita harus memperhatikan beberapa hal jika ingin mendapatkan petai yang bagus tanpa ulat. Terlebih ulat menjadi hama yang paling sering berada di dalam pete.

Baca Juga: Resep Sambal Hijau Padang, Mudah Cara Buatnya Nikmat Rasanya

Berikut tips memilih pete yang bagus tanpa ada ulatnya:

  • Pilih yang tua, pete yang memiliki kualitas bagus harus dilihat dari usianya. Semakin tua petai akan semakin bagus petenya.
  • Pete tua dan muda bisa dilihat dari warnanya, jadi jika kulit petai berwarna hijau kehitaman itu tandanya petai sudah berusia tua.
  • selain dilihat dari warna kulitnya, daging petai juga berukuran besar itu juga menentukan umur sipete.

Baca Juga: Resep Chili Oil, Sambal ala Restoran Chinese Cocok Untuk Cocolan Dimsum dan Makanan Lainnya

  • Pilih tekstur yang padat  jika dari warnanya sudah terlihat hijau tua dan mendekati kehitaman,maka langkah selanjutnya harus dilihat adalah dari teksturnya. Tekstur yang masih segar akan terasa padat dan agak sedikit keras ketimbang terlalu empuk menandakan pete sudah dalam keadaan tidak segar atau bahkan telah layu.
  • Perhatikan bagian kulitnya, hama yang biasa ditemukan pada peta itu adalah ulat. Jika tidak mau mendapati ulat pada petai Perhatikan baik-baik bagian kulit luar pete pastikan tidak ada lobang sedikitpun pada bagian luar kulit pete.

Nah itu dia beberapa tips dalam memilih pete yang bagus tanpa ulat.**

 

Sumber: YouTube/Sajian Sedap

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini