Isolasi Diri dan Gak Nyaman dengan Orang Lain! 11 Alasan Ini Menjadi Penyabab dan Solusinya Bisa Sangat Membantumu Bersosialisasi

Bonifasius Sedu Beribe
Selasa 19 Maret 2024, 17:19 WIB
Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa seseorang menghindari interaksi sosial dan merasa tak suka berada di dekat orang lain (Sumber : Tangkapan Layar Youtube GeniusLab)

Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa seseorang menghindari interaksi sosial dan merasa tak suka berada di dekat orang lain (Sumber : Tangkapan Layar Youtube GeniusLab)

LABVIRAL.COM – Apakah kamu lebih suka menyendiri setiap saat dan merasa lebih bahagia saat tidak berada di dekat orang lain? Jika ya, kamu tidak sendirian.

Pernahkah kamu berpikir mengapa kamu merasa seperti ini? Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa seseorang menghindari interaksi sosial dan merasa tak suka berada di dekat orang lain.

Beberapa alasan ini mungkin akan mengejutkanmu.

1. Kepekaan pemrosesan sensorik

Orang dengan sensitifitas pemrosesan sensorik mengalami reaksi yang kuat terhadap rangsangan eksternal, yang dapat menyulitkan mereka untuk berinteraksi dalam lingkungan sosial.

Hal ini sering dikaitkan dengan autism. Jika kamu adalah orang yang sangat sensitif, kamu mungkin mengalami kesulitan berada di sekitar orang lain, karena sulit bagimu untuk fokus pada percakapan.

Ketika ada begitu banyak hal yang terjadi di sekitarmu, kamu terganggu oleh suara keras dan cahaya terang, juga mudah terganggu oleh hal-hal seperti melihat terlalu banyak warna, bau yang menyengat atau suara orang mengunyah.

Kamu mungkin merasa butuh lebih banyak waktu untuk memproses informasi, dan kamu mungkin merasa kesal dengan hal-hal yang tampaknya tidak diperhatikan orang lain.

Kepekaan pemrosesan sensorik adalah hal yang nyata dan bukan sesuatu yang bisa kamu hilangkan begitu saja.

2. Introvert

Tahukah kamu bahwa kamu harus keluar dari zona nyamanmu dan menjadi lebih terbuka. Jika benar kamu adalah seorang introvert, sikap introvert bukanlah sebuah penyakit.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini