Anak yang Kena Bully tapi Gak Mau Ngomong, Bisa Dikenali dengan 5 Ciri Ini Agar Efek Perundungan Bisa Diatasi

Bonifasius Sedu Beribe
Selasa 19 Maret 2024, 17:05 WIB
Bagaimana mengenali tanda-tanda jika anak menjadi korban bullying tapi tak mau membicarakannya? (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Dokter 24)

Bagaimana mengenali tanda-tanda jika anak menjadi korban bullying tapi tak mau membicarakannya? (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Dokter 24)

LABVIRAL.COM – Bullying yang dialami anak memang mengkhawatirkan. Maka menjadi wajar jika orangtua merasa takut jika sang anak menjadi korban bullying.

Lalu bagaimana cara mencegah bullying pada anak ini?

Ketahuilah bahwa menjadi korban bullying itu bisa berbahaya bagi kesehatan fisik dan psikologis anak. Sayangnya, masih banyak anak yang justru memilih diam, karena takut, cemas atau mungkin mendapatkan ancaman langsung dari pelaku.

Baca Juga: Apa Itu Bullying? Setiap Tanggal 4 Mei Selalu Diperingati Buat Para Korbannya

Lalu bagaimana mengenali tanda-tanda jika anak menjadi korban bullying

dr. Katherina Adisaputro, MPH, melalui chanel Youtube Dokter 24, menjelaskan bahwa dewasa ini, bullying menjadi suatu hal yang sering terjadi, baik di lingkungan rumah maupun di sekolah.

Aksi perundungan ini tidak memandang usia ,gender atau ras. Jadi, anak-anak yang masih bersekolah rentan menjadi korban bullying.

“Penyebabnya banyak sekali, tapi salah satunya adalah ada sesuatu pada diri korban yang membuatnya berbeda dari mayoritas yang ada. Jika menjadi target peruntungan, anak bisa mengalami cedera fisik, masalah emosional, bahkan riskan untuk mengalami masalah pada kejiwaannya,” jelasnya.

Baca Juga: Jangan Dibentak atau Dimarahi! Begini Caranya Atasi Anak Suka Ngomong Kasar Hingga Bicara Kotor

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini