Jangan Tertipu! Begini Cara Membedakan Teh Kombucha Asli Dari yang Palsu

Aci
Jumat 22 Maret 2024, 12:24 WIB
Cara membedakan kombucha asli dan yang palsu (Sumber : Istockphoto.com)

Cara membedakan kombucha asli dan yang palsu (Sumber : Istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Membedakan teh kombucha asli dari yang palsu bisa menjadi tantangan, terutama jika Anda tidak terbiasa dengan karakteristiknya. Berikut ini beberapa cara untuk membedakannya:

1. Perhatikan Sumbernya

  • ilihlah merek kombucha yang terkenal dan diproduksi oleh produsen yang terpercaya. Mencari produk dari toko yang terpercaya atau langsung dari produsen adalah cara terbaik untuk memastikan keaslian produk.
  • Perhatikan label dan kemasan. Pastikan labelnya jelas dan memiliki informasi yang jelas tentang kandungan, tanggal kadaluarsa, serta izin produksi atau sertifikasi yang diperlukan.

2. Rasakan Aroma dan Rasa

  • Teh kombucha asli memiliki aroma yang khas, yang sebagian besar berasal dari proses fermentasinya. Biasanya memiliki aroma yang agak asam dan menyegarkan.
  •  Ketika Anda mencicipi kombucha, Anda seharusnya merasakan rasa yang unik dan sedikit asam. Kombucha palsu mungkin memiliki rasa yang aneh atau terlalu manis karena ditambahkan pemanis buatan.

Baca Juga: Cara Konsumsi Kombucha yang Baik dan Benar Jangan Asal ya!

3. Perhatikan Kebutaan dan Kekeruhan

  • Teh kombucha asli cenderung memiliki kebutaan alami yang dihasilkan dari proses fermentasi. Kebutahan ini normal dan menandakan keaslian kombucha.
  • Kombucha asli mungkin agak keruh karena bakteri dan ragi yang ada di dalamnya. Namun, kekeruhan berlebihan atau tekstur yang tidak biasa mungkin menunjukkan adanya masalah.

4. Uji Kandungan Alkohol (Opsional)

  • Kombucha asli mengandung alkohol dalam jumlah kecil sebagai hasil dari proses fermentasi. Namun, kandungan alkoholnya seharusnya rendah, biasanya kurang dari 0,5% ABV (alcohol by volume). Menggunakan alat pengukur atau tes khusus bisa membantu Anda memeriksa kandungan alkohol kombucha.

Baca Juga: Memanfaatkan Kombucha dalam Program Diet Kamu

5. Membeli dari Sumber Terpercaya

  • Belilah kombucha dari toko yang dikenal sebagai penjual yang terpercaya. Ini termasuk toko-toko kesehatan, supermarket terkemuka, atau langsung dari produsen atau penjual resmi online.

6. Teliti Label dan Informasi

  • Periksa label produk dengan cermat untuk memastikan tidak ada bahan tambahan yang mencurigakan atau tidak dikenal. Bahan-bahan yang asing atau tidak biasa bisa menjadi pertanda kombucha palsu.

Baca Juga: Manfaat Kombucha Untuk Kecantikan dari Dalam

Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, Anda dapat meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan kombucha asli. Jika Anda ragu, selalu lebih baik untuk membeli dari sumber yang terpercaya dan memeriksa ulasan dari pengguna lainnya untuk mendapatkan informasi tambahan tentang keaslian produk.

 

Nah itu dia cara membedakan kombucha yang asli dengan yang palus, jangan sampai kamu tertipu ya karena saat ini masih banyak pedagang curang demi keutungan yang besar.

Sebenarnya agar tidak tertipu kamu bisa lho membuat teh kombuca sendiri, nah  kamu yang ingin mengkonsumsi kombucha kamu tidak harus selalu membeli dari orang karena kamu bisa membuatnya sendiri. yang mau tau resep membuat tek kombucha kamu bisa baca disini ya. (KLIK).

 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini