Bikers Wajib Tahu, 4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Dalam Mengendarai Motor Saat Hujan!

Yowan R
Selasa 21 Maret 2023, 11:50 WIB
Ilustrasi pengendara sepeda motor yang berkendara ditengah hujan deras (Sumber : wahanahonda.com)

Ilustrasi pengendara sepeda motor yang berkendara ditengah hujan deras (Sumber : wahanahonda.com)

LABVIRAL.COM - Di Indonesia, pengguna sepeda motor sudah mendominasi jalanan. Penggunaan sepeda motor di Indonesia, tak hanya sebagai alat transportasi saja, melainkan sebagai media untuk berdagang dll.

Agar berkendara tetap aman, tentu saja para pengendara sepeda motor perlu memperhatikan faktor keselamatan saat berkendara. Terutama saat musim penghujan yang tentunya pengendara sepeda motor memiliki risiko kecelakaan yang lebih tinggi.

Baca Juga: 9 Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan Tiba, Agar Tetap Aman Berkendara

Karena itu, Rodanesia.com akan memberikan beberapa tips bagi pengendara motor alias bikers untuk mengendarai motor saat cuaca hujan.

1. Kenakan jas hujan model setelan (baju dan celana)

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk berkendara saat cuaca hujan adalah mengenakan mantel atau jas hujan. Tapi perlu diingat, jas hujan yang dikenakan adalah model setelan (baju dan celana).

Hindari untuk mengenakan jas hujan model ponco karena berisiko terlilit roda dan menutupi lampu belakang seperti stoplamp dan lampu sein.

2. Gunakan helm dengan visor bening atau clear

Penggunaan helm dengan visor atau kaca yang terang ini tidak akan mengganggu penglihatan bikers saat berkendara di cuaca hujan terutama saat berkendara di cuaca hujan malam hari.

3. Jaga jarak aman

Tips selanjutnya adalah selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan atau pengendara lain saat cuaca hujan. Karena jalanan menjadi licin, jarak aman akan membantu pengendara mengambil jarak yang lebih jauh untuk melakukan pengereman.

Baca Juga: Teknik Mengerem Motor Saat Hujan, Antisipasi Jalanan Licin

4. Hindari berkendara dengan kecepatan tinggi

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini