9 Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan Tiba, Agar Tetap Aman Berkendara

Aci
Jumat 17 Maret 2023, 21:02 WIB
Ilustrasi: Motor terobos hujan (Sumber : Motor terobos hujan)

Ilustrasi: Motor terobos hujan (Sumber : Motor terobos hujan)

LABVIRAL.COM, Mencuci motor pada saat musim hujan sangatlah penting sebab jika motor yang terkena hujan tidak lekas dibersihkan dapat memudarkan warna motor. Air hujan mengandung zat asam yang mampu mengikis warna asli kendaraan tersebut.

Selain pentingnya mencuci motor saat musim hujan ada beberapa komponen penting yang harus dijaga demi keamanan kendaraan roda dua tersebut. Berikut bagian-bagian motor yang harus diperhatikan saat musim hujan:

1. Perhatikan Busi

Busi motor adalah salah satu komponen vital yang penting dijaga kebersihannya saat musim hujan tiba. Saat usai membersihkan busi motor sebaiknya mencabut kop atau karet penutup busi untuk memastikan bahwa keadaan busi dalam keadaan kering, sebab jika busi basah akan menghambat pengapian ketika motor dinyalakan.

Baca Juga: 5 Cara Paling Mudah Cegah Karat Muncul di Motor Saat Musim Hujan

2. Rem depan dan belakang

Rem adalah bagian penting yang cukup vital karena jika fungsi rem tidak optimal makan berkendara akan beresiko dan sangat berbahaya. Untuk itu penting untuk memastikan keadaan rem terlebih saat musim hujan.

Setiap selesai mengendarai motor usai terkena hujan upayakan untuk mengeringkan kanvas rem dan tromol motor Anda agar rem tetap pakem dan menghindari bunyi.

Baca Juga: 6 Tips Aman Naik Motor Saat Hujan, Silakan Coba Kala Bepergian

3. Kanvas rem dan piston cakram rem

Terbuat dari bahan asbes akan membuat kanvas rem menggelembung setelah kering usai terkena air, untuk itu jika usai mencuci motor sebaiknya kamu menginjak pedal rem secara berulang agar kanvas kering.

Pada bagian rem cakram, sebaiknya kamu membersihkan komponen tersebut. karena rem cakram bersifat terbuka dan ketika Anda melibas genangan air, maka kotoran akan menempel pada cakram motor Anda.

Baca Juga: 6 Tips Aman Naik Motor Saat Hujan, Silakan Coba Kala Bepergian

4. Rantai

Air hujan yang mengandung zat asam mampu membuat karat pada rantai motor. Apalagi jika motor tidak menggunakan tutup rantai hal tersebut membuat rantai lebih beresiko untuk berkarat. Pada saat musim hujan sebaiknya mengencangkan kembali setelan rantai sesuai standar dan lumasi rantai dengan grease.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Ban Motor Saat Musim Hujan

5. Ban

Memasuki musim penghujan, jalanan akan berubah jadi lebih licin. Itu artinya kamu harus lebih berhati-hati dalam menggunakan motor yang sedang digunakan. Untuk membantu Anda lebih sigap di jalan raya yang licin, akibat hujan sebaiknya pilih dan gunakan ban motor yang tepat.

Selain itu ada baiknya setelah kamu menerobos genangan air hujan, periksa tekanan udara dalam ban Anda. Jika tekanan ban kurang, maka permukaan telapak ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan semakin banyak. Akibatnya tarikan motor menjadi berat dan justru mempercepat ban motor Anda menjadi tipis atau gundul.

Baca Juga: Tips Merawat Helm Saat Musim Hujan, Anti Bau!

6. Knalpot

Saat musim hujan pada bagian leher knalpot akan dipenuhi dengan kotoran seperti butiran kerikil, maka sebaiknya kamu lebih sering membersihkan bagian yang satu ini agar sistem pembuangan pada motor tetap berfungsi dengan sempurna.

Caranya, keluarkan air hujan yang masuk ke dalam knalpot. Semprotkan oli ke dalam bagian knalpot dan olesi bagian leher knalpot dengan grease. Lalu panaskan kembali motor selama kurang lebih 5 menit.

Baca Juga: 4 Cara Merawat Helm Agar Tetap Wangi Dan Terhindar Dari Jamur saat Musim Hujan

7. Kotak saringan udara

Pada bagian kota penyaring udara jika sering terguyur air hujan namun tidak di bersihkan maka pembakaran di ruang bakar mesin akan terganggu sehingga tidak dapat berfungsi dengan maksimal. Untuk itu pada bagian kotak penyaring udara ini jangan sampai lupa untuk diperhatikan kebersihannya.

8. Pelek motor

Pada bagian pelek motor sering kali diabaikan, padahal jika pelek motor sering terkena air hujan namun tidak dibersihkan akan membuat pelek mudah keropos. Keroposnya sendiri memang tidak tampak dari luar karena terjadi di dalam pelek.

9. Kabel body

Pada bagian kabel body dan socket-nya hindari dari air karena bisa menyebabkan korsleting sehingga bisa merusak komponen kelistrikan pada motor.

Demikianlah beberapa tips menjaga komponen motor pada saat musim hujan demi menjaga fungsi kendaraan dengan benar agar berkendara tetap aman dan nyaman.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini