Musim Hujan Tiba! Rawat Rem Cakram Untuk Keselamatan

Aci
Selasa 14 Maret 2023, 17:10 WIB
Ilustrasi rem ABS sepeda motor (Sumber : bukalapak.com)

Ilustrasi rem ABS sepeda motor (Sumber : bukalapak.com)

LABVIRAL.COM, Memasuki musim penghujan, para pemilik kendaraan harus lebih ekstra untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kendaraan. Terlebih, kendaraan roda dua atau sepeda motor.

Karena, sepeda motor saat musim hujan cenderung lebih sensitif, mudah rusak, sehingga dapat membuat kurang nyaman, bahkan bisa saja mengalami kecelakaan jika salah satu komponen yang tidak bisa berfungsi dengan baik.

Maka demi menghindari hal tersebut, perhatikan setiap komponen motor kamu, ya. Adapun salah satu komponen yang harus kamu perhatikan saat musim hujan yaitu rem cakram.

Yap, berbicara tentang rem tentu saja kamu sudah tahu fungsinya, bukan?

Ya, rem berfungsi untuk menyeimbangkan laju kendaraan dengan membantu pemberhentian roda. Bisa dibayangkan jika motor yang kamu gunakan memiliki rem yang tidak berfungsi dengan baik?

Untuk itu, penting untuk kamu memperhatikan sistem pengereman saat musim hujan ini. Berikut ini, Labviral.com, siapkan tips merawat rem cakram di musim hujan!

Bersihkan cakram

Saat musim hujan, motor akan sering bersentuhan dengan air secara langsung. Untuk itu, setelah motor terkena air hujan, sebaiknya kamu cepat membersihkannya dengan air bersih dan juga Brake Cleaner.

Baca Juga: Penting! Pahami Posisi Naik Motor yang Baik dan Benar

Lap bagian cakram

Saat musim hujan pula, motor mudah mengalami kelembaban dan basah. Maka, lap bagian-bagian cakram yang bisa dijangkau dengan kain agar kering dan bersih. Pada proses tersebut, putar perlahan roda sambil dilap.

Kamu juga harus mengeringkan beberapa bagian-bagian yang dapat dijangkau dengan menggunakan kain majun yang bersih, sembari roda sedikit diputar perlahan. Ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan lumpur yang menempel akibat terbawa air hujan yang dapat mengakibatkan karat dan rem menjadi seret.

Baca Juga: Gampang Kok, Begini Cara Ganti Oli Gardan Motor Matic di Rumah

Perhatikan suara saat proses pengereman

Untuk mengetahui apakah rem dalam kondisi baik, kamu perlu memastikannya. Cara memastikannya cukup mudah, hanya perlu mendengarkan suara pada saat kamu melakukan pengereman saja. 

Perhatikan apakah ada suara yang timbul pada proses pengereman itu. Suara yang timbul pada umumnya adalah suara mendecit yang berarti ada kotoran diantara kampas rem dengan piringan cakram.

Suara yang timbul pada umumnya akan mengurangi daya cengkeram rem sehingga pengereman kurang maksimal. Tidak hanya itu, adanya suara gesekan yang cukup keras merupakan ciri kampas rem yang sudah tipis. Maka untuk hal ini, disarankan melakukan penggantian kampas rem.

Baca Juga: Tips Jitu Memilih Velg Racing Aftermarket untuk Motor Matic

Gunakan minyak rem sesuai spesifikasi

Gunakan minyak rem sesuai spesifikasi saat ini. Ada 2 jenis minyak yang disarankan yaitu DOT 3 & DOT 4, keduanya tidak terlalu berbeda. Hanya saja, khusus pengguna sepeda motor dengan sistem pengereman ABS, sebaiknya menggunakan spesifikasi minyak rem DOT 4 agar pengereman tetap optimal dan menjaga komponen ABS awet dan tahan lama.

Baca Juga: Bisa Nggak Sih Charge Aki Kering Motor Secara Manual?

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait
Tech

5 Tips Merawat Ban Motor Saat Musim Hujan

Senin 13 Maret 2023, 19:33 WIB
5 Tips Merawat Ban Motor Saat Musim Hujan
Berita Terkini