Bisa Nggak Sih Charge Aki Kering Motor Secara Manual?

Yowan R
Selasa 14 Maret 2023, 09:35 WIB
Ilustrasi pengecasan aki kering sepedamotot (Sumber : youtube.com/Reog Channel)

Ilustrasi pengecasan aki kering sepedamotot (Sumber : youtube.com/Reog Channel)

LABVIRAL.COM - Aki kering saat ini sudah banyak sekali digunakan pada sepeda motor, hampir semua sepeda motor terbaru keluaran pabrik menggunakan aki kering.

Bahkan, motor-motor yang sudah berumur kini lebih memilih menggunakan aki kering daripada aki basah karena dinilai lebih praktis.

Meskipun penggunaan aki kering ini sudah sangat menjamur, masih banyak pemilik yang bingung, apakah aki kering ini bisa di charge manual seperti aki basah saat aki tekor.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Ban Motor Saat Musim Hujan

Mereka menganggap jika aki kering ini berbeda dengan aki basah, sehingga tidak bisa di charge manual saat aki tekor. Mereka, berpikir jika aki kering tekor artinya aki sudah harus diganti dengan yang baru.

Padahal, anggapan tentang aki kering tidak bisa dicharge manual itu seperti aki basah itu salah. Karena, aki kering ini sebenarnya juga bisa dicharge manual seperti aki basah.

Bahkan, produsen aki motor juga menganjurkan para pemilik motor agar mereka rajin melakukan charge aki kering yang mereka miliki dalam kondisi tertentu.

Baca Juga: Rekomendasi Motor yang Cocok Jadi Motor Japstyle

Contohnya pada aki  sepeda motor yang jarang digunakan, aki tersebut sebaiknya di charge manual secara rutin agar aki tidak mudah tekor. Karena, saat motor jarang digunakan otomatis aki tidak terisi arus listrik. Namun, arus listrik yang tersimpan di dalam aki tetap akan menurun.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini