Penting! Pahami Posisi Naik Motor yang Baik dan Benar

Aci
Selasa 14 Maret 2023, 16:07 WIB
Ilustrasi: Posisi naik motor

Ilustrasi: Posisi naik motor

LABVIRAL.COM,Keselamatan berkendara, bukan hanya tentang pandai menggunakan kendaraan, patuh lalu lintas dan juga menggunakan atribut berkendara yang lengkap. Salah satu faktor penting terkait keselamatan berkendara yaitu sikap tubuh saat berkendara, terutama saat berkendara dengan motor.

Sering kali, sikap tubuh diremehkan dan dilupakan. Padahal, itu sangat berpengaruh dalam konsentrasi dan juga keamanan dan kenyamanan bermotor.

Kamu perlu tahu, sikap tubuh atau posisi yang benar saat berkendara dengan motor, akan membuat kamu lebih fokus dan tidak mudah lelah. Seringkali kita mendengar kecelakaan pemotor karena mengantuk, kelelahan dan hilang fokus. Itu akibat fatalnya.

Baca Juga: Tips Jitu Memilih Velg Racing Aftermarket untuk Motor Matic

Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh posisi tubuh berkendara yang tidak tepat atau tidak benar. Lalu bagaimanakah posisi naik motor yang benar?

Berikut Labviral.com, jelaskan beberapa posisi yang benar saat mengendarai motor. Yuk, disimak!

Pandangan jauh ke depan

Mungkin ini terdengar biasa. Namanya mengemudi, pasti menghadap ke depan. Tapi jika fokusmu kemana-mana, apa jadinya? Pandangan pengendara motor harus fokus terhadap objek yang ia lihat. Jadi, sangat penting berkonsentrasi terhadap arah tujuan.

Posisinya yaitu pegang grip stang santai dan sudut pergelangan tidak kaku. Posisi memegang grip stang dengan santai dan sudut pergelangan tidak kaku ini untuk memberikan keluwesan ketika harus melakukan manuver.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Ban Motor Saat Musim Hujan

Ini penting diperhatikan karena posisi yang salah bisa membuat tangan pengendara keseleo sewaktu menarik rem secara tiba-tiba maupun ketika bermanuver. Ingat, rasa nyeri, baik itu hanya sesaat atau berkelanjutan pada pergelangan tangan, bisa mengganggu keseimbangan ketika berkendara.

Posisi telapak kaki

Untuk posisi telapak kaki yang benar, yaitu kamu harus memastikan dimana posisi telapak kaki lurus pada injakan (footstep). Pastikan juga jari kaki tetap menghadap ke depan dan posisi telapak kaki agak horisontal. Posisi siaga akan memudahkan ketika kamu melakukan rem mendadak.

Posisi lutut

Untuk posisi lutut, kamu perlu menempelkan kedua lutut pada tangki untuk motor sport. Untuk motor nonsport, posisi lutut menghadap ke depan. Pada motor sport menjepit tangki juga bisa membantu menjaga keseimbangan.

Posisi duduk

Posisi dudukmu juga harus tepat, karena posisi duduk yang tepat memudahkan kamu untuk menggerakan lengan dan kaki. Jangan duduk terlalu di depan atau belakang, karena justru bisa mengganggu keseimbangan.

Nah, itu dia beberapa saran postur tubuh atau posisi yang tepat yang sebaiknya kamu perakterakan saat naik motor.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini