Ternyata Ini Penyebab Munculnya Jerawat pada Tubuh

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 21 Maret 2023, 21:02 WIB
Jerawat (Sumber : Freepik/cookie_studio)

Jerawat (Sumber : Freepik/cookie_studio)

LABVIRAL.COM - Tidak hanya pada kulit wajah, jerawat juga bisa tumbuh di area tubuh lainnya, seperti di punggung, dada, leher ataupun perut. 

Sama seperti jerawat pada wajah, jerawat di tubuh juga disebabkan penyumbatan pori-pori kulit oleh kulit mati atau kotoran dan minyak sehingga muncul benjolan kecil yang biasa disebut jerawat.

Dikutip Labviral.com dari laman Webmd, di Amerika Serikat ada lebih dari 50 juta orang harus berurusan dengan jerawat setiap tahunnya. Namun, hanya 5,1 juta dari mereka yang mencari perawatan untuk mengatasi masalah kulit tersebut.

Baca Juga: 3 Doa agar Terhindar dari Siksa Neraka yang Pedih, Yuk Amalkan Setiap Hari!

Frekuensi jerawat pada orang dewasa, termasuk jerawat di tubuh mengalami peningkatan sejak 2013. Di mana hampir 15 persen kondisi tersebut dialami oleh wanita.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa penyebab yang paling umum munculnya jerawat pada tubuh adalah gaya hidup. Selain itu, kebiasaan diet yang tidak tepat, stres, pola tidur yang buruk, konsumsi alkohol, genetik serta keteraturan siklus menstruasi juga menjadi salah satu penyebabnya.

Jenis jerawat bermacam-macam. Namun, yang umumnya muncuk pada tubuh adalah Acne Mechanica. Ini merupakan jenis jerawat yang muncul karena peralatan dan pakaian olahraga.

Baca Juga: Ayo Buktikan! 5 Makanan Ini Dapat Sehatkan Kuku

Jerawat dapat timbul pada tubuh ketika perlengkapan atau pakaian olahraga terperangkap oleh keringat dan panas. Kemudian, kulit yang bergesakan pada perlengkapan tersebut membuat kulit semakin teriritasi dan menyebabkan ruam dan bintik kemerahan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini