6 Motif Batik Pekalongan Wajib Kamu Tahu

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 25 Maret 2023, 22:05 WIB
Ilustrasi, batik motif tujuh rupa khas Pekalongan.

Ilustrasi, batik motif tujuh rupa khas Pekalongan.

LABVIRAL.COM - Siapa yang tak tahu batik? Salah satu kekayaan budaya Indonesia ini memang sangat terkenal. 

Batik menjadi warisan budaya yang sudah diakui oleh UNESCO. Banyak daerah yang terkenal dengan ciri khas batiknya. Seperti halnya batik Pekalongan. Lalu, apa saja motif batik Pekalongan?

Batik Pekalongan merupakan salah satu jenis batik yang cukup terkenal di Indonesia. Bahkan, beberapa literatur menyebut jika batik Pekalongan menjadi salah satu jenis batik yang tertua di Indonesia.

Baca Juga: Sejarah dan Asal Usul Tahun Baru Imlek

Pekalongan yang terletak di daerah pesisir utara Pulau Jawa ini memiliki ciri khas dalam batiknya. Ciri khas tersebut mulai dari corak, model, dan bahan yang digunakan.

Berikut ini adalah 6 jenis motif batik pekalongan yang wajib kamu ketahui. Seperti apa? Yuk, simak!

1. Motif Jlamprang

Motif yang pertama ini adalah jenis motif yang berasal dari kebudayaan yang berkembang di masyarakat Pekalongan. Hal tersebut bisa dilihat dari motifnya yang terdapat makhluk hidup. Selain itu, motif ini juga didominasi oleh banyak pola seperti titik, lingkaran, kotak, dan gambar-gambar makhluk hidup.

Baca Juga: Cara Penanganan dan Laporan Pelanggaran Pemilu Berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017

Biasanya untuk motif jlamprang ini selalu menggunakan warna yang cerah, sehingga memberikan kesan tersendiri. Menurut beberapa sumber, motif ini juga dijadikan sebagai ikon dari Pekalongan.

2. Motif Semen

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini