Benarkah Minum Es Teh Setiap Hari Merusak Ginjal?

Sunardi
Minggu 12 Maret 2023, 08:55 WIB
Ilustrasi es teh (Sumber : freepick.com)

Ilustrasi es teh (Sumber : freepick.com)

LABVIRAL.COM - Banyak orang bertanya benarkah minum es teh setiap hari merusak ginjal? Pertanyaan tersebut memang patut untuk diketahui jawabannya, apalagi bagi kamu yang suka minum es teh.

Minum air dingin seperti es teh memang populer. Apalagi dengan kondisi cuaca yang panas, es teh bisa menjadi solusi atas dahaga.

Namun, jika es teh ini dikonsumsi secara berlebihan atau sehari-sehari, tentu akan memberi dampak negatif, terutama untuk kesehatan ginjal.

Di dalam es teh yang manis terdapat kandungan oksalat. Kandungan zat terbut jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan pembentukan batu di saluran kemih dan gangguan pada ginjal.

Kandungan oksalat yang ada pada teh memang berbahaya bagi para penderita atau orang yang rentan batu ginjal. Sebaiknya harus dihindari untuk mencegah risiko penyakit tersebut.

Ilustrasi ginjal manusia

Hal senada juga diungkapkan oleh dr. Ningz. Dokter yang aktif di Instagram dengan akun @drningz ini menyebut jika di dalam teh terdapat kandungan zat berbahaya.

"Kalau mengonsumsi teh yang mengandung oksalat tinggi dan jumlahnya berlebihan bisa mengalami batu ginjal, dan dalam jangka panjang bisa merusak ginjalnya," tulis dr. Ningz dalam salah satu postingan Instagramnya.

Kandungan oksalat sendiri tidak hanya terdapat pada teh, tapi juga ada di beberapa makanan lain. Seperti halnya kacang-kacangan, selai kacang, susu kedelai, roti gandum, blueberry, blackberry, raspberry, wortel, seledri, kangkung, daun bawang, bayam, ubi jalar, dan terong. Makanan tersebut mengandung oksalat yang cukup tinggi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini