6 Cara Efektif Hilangkan Kutu Kucing, Kamu Wajib Tahu!

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 29 Maret 2023, 20:49 WIB
Ilustrasi, kutu kucing

Ilustrasi, kutu kucing

LABVIRAL.COM - Infeksi kutu merupakan salah satu masalah penyakit yang kerap dialami oleh semua semua binatang peliharaan, termasuk kucing. Oleh karena itu, bila kamu memiliki kucing peliharaan di rumah, kamu perlu tahu bagaimana cara yang efektif untuk menghilangkan kutu kucing.

Kutu kucing atau Ctenocephalides felis adalah sejenis parasit yang hidup dengan cara menghisap darah melalui kulit kucing. Akibat dari infeksi kutu ini, kucing akan menderita gatal-gatal, iritasi, alergi dan besar kemungkinan akan mengalami stress dan juga kurang darah.

Tidak hanya itu saja, kutu ternyata juga bisa menularkan parasit lainnya seperti cacing pita.

Baca Juga: Jangan Asal Pilih, Berikut 5 Tips Membedakan Burung Murai Jantan dan Betina

Oleh karena itu, untuk menghindari kucing kamu terkena infeksi kutu, berikut ini 6 cara menghilangkan kutu kucing yang efektif, sebagaimana Labviral.com kutip dari laman alodokter.com:

1. Gunakan sisir serit kucing

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membasmi kutu kucing sekaligus dengan telurnya adalah dengan menyisir bulu kucing menggunakan sisir serit khusus berbahan logam dan bergigi rapat. Cara ini juga bisa membantu mengurangi gatal yang dirasakan kucing kamu akibat infeksi kutu.

Baca Juga: Begini Cara Mengawinkan Burung Kacer, Gak Bisa Sembarangan!

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Sisir bulu kucing dari kepala hingga ekor
  • Bersihkan kutu kucing, telur dan kotoran yang terperangkap pada sisir serit dengan merendamnya ke dalam campuran air hangat dan detergen.
  • Ulangi cari ini beberapa kali dalam sehari.

2. Mandikan kucing dengan menggunakan sampo khusus

Agar kucingmu bisa terhindar dari infeksi kutu, penting bagi kamu untuk selalu menjaga kebersihan tubuhnya. Kamu bisa memandikannya dengan sampo khusus yang memang anti kutu khusus kucing. Sampo ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di pet shop di sekitar lingkungan kamu atau bisa pesan langsung via online.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini