Apa Itu Manual Brewing Kopi? 5 Teknik Seduh Kopi Menjadi Karya Seni

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 29 Maret 2023, 20:57 WIB
Ilustrasi, seorang barista sedang menyeduh kopi.

Ilustrasi, seorang barista sedang menyeduh kopi.

LABVIRAL.COM - Manual brewing akhir-akhir ini memang sedang menjadi tren di kalangan pecinta kopi. Istilah tersebut merujuk pada salah satu metode menyeduh kopi yang dikatakan memiliki kerumitan tersendiri sehingga siapapun barista yang sedang melakukannya sejatinya ia sedang membuat karya seni.

Apa itu manual brewing kopi?

Manual brewing adalah cara menyajikan kopi yang diseduh dengan cara manual. Proses penyajian ini tidak menggunakan mesin espresso dan sebagainya. Namun, dalam prosesnya tetap membutuhkan penyaring khusus.

Baca Juga: 5 Tips Memelihara Kucing Persia Bagi Pemula

Proses manual brewing ini dilakukan dengan cara mengatur volume air yang akan disiramkan ke atas kopi yang sudah diseduh di dalam filter. Salah satu kelebihan dari manual brewing ini adalah kita bisa lebih mengontrol hasil seduhan kopi yang diinginkan. 

Dengan memperhatikan faktor-faktor seperti jenis biji kopi, rasio biji kopi terhadap air, waktu infusi, dan suhu air, kita bisa mengolah kopi sesuai dengan selera kita sendiri. Hal ini tentu saja tidak bisa dilakukan pada mesin seduh yang lebih otomatis.

Lalu, apa saja teknik dalam metode manual brewing?

Baca Juga: Keistimewaan Kacer, Paling Diminati Pecinta Burung

1. Pour over

Teknik pertama ini bisa kita coba jika menginginkan rasa kopi yang lebih lembut. Teknik pour over lebih umum disebut drip V60. Cara melakukan teknik ini adalah dengan menggunakan alat berupa corong gelas berbentuk V dengan kemiringan 60 derajat dengan guratan-guratan di dalam corongnya.

Saat penyajian, para barista akan menyiapkan cangkir, gelas, filter yang dialaskan pada V60, dan kettle yang berleher panjang. Biasanya, waktu penyeduhannya sekitar 90 detik sampai 2 menit 15 detik. Jika sudah diseduh, maka letakan V60 di atas cangkir, kemudian taruh kopi pada V60 yang sudah dilapisi filter. Terakhir, tuang air panas dari ketel dengan gerakan memutar.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini