Cara Qadha Puasa Jika Lupa Jumlah Hari yang Ditinggalkan saat Ramadan

Dian Eko Prasetio
Rabu 29 Maret 2023, 22:35 WIB
Cara Qadha Puasa Jika Lupa Jumlah Hari yang Ditinggalkan saat Ramadan (Sumber : pexels.com/khats cassim)

Cara Qadha Puasa Jika Lupa Jumlah Hari yang Ditinggalkan saat Ramadan (Sumber : pexels.com/khats cassim)

LABVIRAL.COM Bagi umat Islam, cara qadha puasa perlu dipahami dengan baik terlebih bagi perempuan dewasa yang setiap bulan pasti mengalami uzur.

Qadha adalah mengganti suatu ibadah (dalam hal ini puasa wajib) yang ditinggalkan karena uzur untuk kemudian dikerjakan di luar bulan Ramadan.

Nah, di bawah ini labviral.com akan menjelaskan bagaimana cara mengqadha puasa apabila lupa jumlah hari yang ditinggalkan. Jadi, simak sampai habis ya!

Baca Juga: 5 Keutamaan Puasa Bulan Syakban, Momen Ketika Catatan Amal Dilaporkan

Ambil Kemungkinan Terbanyak

Ilustrasi qadha puasa. (pexels.com/David Besh)

 

Sebagaimana diketahui, manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Maka tak heran kalau terkadang seseorang lupa akan jumlah hari yang ditinggalkan ketika bulan Ramadan.

Lupa yang dialami bisa karena memang terlalu banyak hari yang “bolong” atau bisa juga disebabkan sudah kelamaan tidak segera menggantinya.

Disadur dari laman NU Online pada Selasa, 21 Februari 2023, menurut Menurut KH Arwani Faishal apabila seseorang mengalami kasus semacam ini maka harus berusaha memastikan berapa jumlah hari yang ditinggalkan.

Ketika sudah berusaha mengingat namun masih ragu jua, maka pilihlah jumlah kemungkinan terbanyak. Logikanya, kelebihan membayar puasa masih lebih baik daripada kurang.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini