Jangan Anggap Sepele! Cipratan Air Kencing Bisa Menambah Siksa Kubur

Dian Eko Prasetio
Rabu 29 Maret 2023, 22:11 WIB
Jangan Anggap Sepele! Cipratan Air Kencing Bisa Menambah Siksa Kubur (FOTO: pixabay.com/Rudy and Peter Skitterians)

Jangan Anggap Sepele! Cipratan Air Kencing Bisa Menambah Siksa Kubur (FOTO: pixabay.com/Rudy and Peter Skitterians)

LABVIRAL.COM Cipratan air kencing yang mengenai tubuh atau pakaian bisa membuat sholat yang dilakukan seseorang menjadi tidak sah.

Lebih dari itu, benda najis tersebut bahkan bisa menambah siksa di alam kubur. Benarkah demikian? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Baca Juga: Hukum Pamer Kekayaan dalam Pandangan Islam, Benarkah Termasuk Syirik?

Pentingnya Menjaga Kebersihan

Para ulama bersepakat bahwa air kencing walaupun sedikit hukumnya najis. Itu artinya, setiap muslim harus berhati-hati menjaga kesucian badan dari kencing agar sholat menjadi sah.

"....Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” (QS. Al-Baqarah ayat 222).

Selain dari ayat di atas, berbagai riwayat menegaskan akan pentingnya menjaga kesucian terutama setelah buang air kecil. Sebab dikatakan oleh Nabi saw, air kencing bisa menambah siksa kubur.

Baca Juga: Tips Ampuh Melepas Stiker di Bodi Sepeda Motor

Dari Anas radhiyallahu anhu dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Bersihkanlah diri dari air kencing, karena sesungguhnya kebanyakan siksa kubur berasal darinya.” (HR. Ad-Daruquthni).

Kemudian dari Abu Hurairah ra ia berkata, “Rasulullah saw bersabda, ‘Bersihkanlah diri dari kencing. Karena kebanyakan siksa kubur berasal dari bekas kencing tersebut.” (HR. Ad Daruquthni).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini