Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Move On? Ini Hitungan Ilmiahnya

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 30 Maret 2023, 01:54 WIB
Ilustrasi, waktu yang pas untuk move on

Ilustrasi, waktu yang pas untuk move on

LABVIRAL.COM - Putus hubungan dengan orang tersayang merupakan persolan sedih yang sering dialami orang. Perpisahan sering membuat galau, merana hingga susah move on. Namun untuk segera melupakan tidak mudah. Jadi, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk move on?

Mau tak mau kamu harus move on untuk kembali bahagia dan menemukan cinta yang baru. Pasalnya, jika tidak selesai dengan masa lalu maka akan membuat hubungan baru kamu tetap bermasalah.

Berikut penelitian ilmiah berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk move on dan faktor yang bisa menentukan cepat atau lambatnya move on. Yuk cek sampai selesai ulasannya berikut ini.

Baca Juga: 6 Ciri Mantan Masih Sayang Kamu, Ingin Ngajak Balikan?

1. Riset: Butuh Waktu 6 Minggu - 3 Bulan

Waktu move on (freepik.com)

Melansir dari WomenHealth, waktu yang dibuthkan seseorang setelah putus cinta bisa mulai hitungan minggu hinga tahunan.

"Ini bisa memakan waktu mulai dari enam minggu hingga tiga bulan hingga selamanya, tergantung pada seberapa intens hubungan itu," kata Jane Greer, pakar pernikahan dan terapis serta penulis yang tinggal di New York.

Sedangkan untuk hubungan yang masih baru, biasanya akan dibutuhkan waktu sekitar satu minggu. "Di sisi lain, jika kamu hanya berkencan dengan seseorang secara santai dan kamu tidak benar-benar menyukai hubungan itu, kamu bisa melupakannya dalam waktu kurang dari seminggu," tambahnya.

Meskipun tak sama antara satu orang dengan orang yang lain, namun tulisan yang diterbitkan Jane Greer ini juga didukung oleh penelitian yang dilakukan di tahun 2007 lalu. Mayoritas peserta merasa lebih baik setelah 3 bulan pasca hubungan cintanya selesai.

Namun, ada juga penelitian pada 2017 menemukan hasil bahwa para peserta survei membutuhkan waktu hampir enam bulan untuk benar-benar move ono dari mantan pacar.

Baca Juga: 8 Ciri-ciri Pacaran Sehat, Hubunganmu Sudah Termasuk?

2. Faktor Cepat atau Lambat Move On

Waktu move on (freepik.com)

Semakin kamu terikat dalam hubungan dengan seseorang, semakin patah pula hatimu saat berpisah. Jane Greer juga menyebutkan tiga faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya seseorang untuk move on, di antaranya:

- Seberapa terikat hubungan itu

Hubungan yang sudah lama biasanya juga memiliki keterikatan yang tinggi. Intensitas bertemu tentu juga memberi pengaruh terhadap wkatu yang diperlukan untuk move on. Tak bisa dipungkiri, semakin kuat ikatan emosional kamu, makan akan semakin lama pula waktu untuk move on.

Baca Juga: Siapa Lebih Susah Move On Cowok atau Cewek?

- Seberasa besar kamu berinvestasi dalam hubungan

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini