10 Nama Malaikat yang Wajib Diketahui Lengkap dengan Tugas-tugasnya

Dian Eko Prasetio
Kamis 30 Maret 2023, 02:16 WIB
10 Nama Malaikat yang Wajib Diketahui Lengkap dengan Tugas-tugasnya (FOTO: pixabay.com/Karin Henseler)

10 Nama Malaikat yang Wajib Diketahui Lengkap dengan Tugas-tugasnya (FOTO: pixabay.com/Karin Henseler)

LABVIRAL.COM Umat Islam wajib mengetahui siapa saja nama malaikat yang diciptakan Allah Swt termasuk dengan tugas-tugasnya.

Dalam Al-Qur’an, Allah Swt berulang kali menjelaskan bahwa malaikat adalah makhluk ciptaan-Nya yang hidup berdampingan dengan manusia.

"(yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri." (QS. Qaf ayat 17)

Lalu siapa saja nama malaikat yang wajib diimani oleh setiap muslim? Simak uraian selengkapnya di bawah ini ya.

Baca Juga: Daftar 25 Nabi dan Rasul Beserta Mukjizatnya yang Wajib Diketahui

Bukti Adanya Malaikat

Malaikat adalah makhluk gaib (tidak bisa dilihat manusia) yang diciptakan Allah dari Nur (cahaya).

Hanya orang-orang terpilih yakni kalangan para nabi dan rasul yang bisa melihat secara langsung wujud malaikat atas izin Allah.

Percaya akan adanya malaikat merupakan rukun iman yang kedua sebagai seorang muslim. Allah Swt telah menunjukkan bukti keberadaan mereka sebagaimana termaktub di dalam Al-Qur’an.

"Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia." (QS. Ar-Ra'd ayat 11)

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini