Daftar 25 Nabi dan Rasul Beserta Mukjizatnya yang Wajib Diketahui

Dian Eko Prasetio
Kamis 30 Maret 2023, 02:06 WIB
Daftar 25 Nabi dan Rasul Beserta Mukjizatnya yang Wajib Diketahui (Foto: pixabay.com/chiplanay)

Daftar 25 Nabi dan Rasul Beserta Mukjizatnya yang Wajib Diketahui (Foto: pixabay.com/chiplanay)

LABVIRAL.COM Setiap muslim wajib mengimani 25 nabi dan rasul yang merupakan pilihan Allah Swt. Perintah ini sebagaimana diterangkan dalam salah satu firman-Nya.

"Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barang siapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya." (QS. An-Nisa ayat 136).

Nabi adalah manusia pilihan Allah yang menerima wahyu untuk dirinya sendiri sedangkan rasul wajib menyampaikannya kepada umatnya bukan hanya untuk diri sendiri.

Baca Juga: Tips Ampuh Melepas Stiker di Bodi Sepeda Motor

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Abu Umamah Al-Bahili, Rasulullah saw menjelaskan bahwa total jumlah nabi itu ada 124.000, sedangkan yang menjadi rasul hanya 315 orang.

Dalam riwayat lain dari Abu Dzar dikatakan, “Aku berkata, ‘Wahai Rasulullah ada berapa jumlah Nabi? Rasulullah menjawab, ‘Nabi ada 120.000 orang.’ Aku berkata, ‘Wahai Rasulullah, ada berapa jumlah Rasul? Rasulullah menjawab, ‘Rasul ada 313 orang, mereka sangat banyak.” (HR. Ibnu Hibban)

Akan tetapi, umat Islam hanya wajib mengetahui sebanyak 25 nabi dan rasul sebagaimana yang telah disebutkan di dalam Al-Qur’an.

Baca Juga: 4 Sifat Wajib bagi Rasul Lengkap dengan Makna dan Penjelasannya

1. Nabi Adam alaihi salam (as) merupakan manusia pertama yang diciptakan Allah Swt. Salah satu mukjizatnya ialah mendapat bimbingan langsung dari Sang Maha Pencipta.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini