Mengenal Sejarah Valentine yang Identik dengan Hadiah Cokelat

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 30 Maret 2023, 02:38 WIB
Ilustrasi pasangan (Sumber : Unsplash Shelby Deeter @shelbymary_)

Ilustrasi pasangan (Sumber : Unsplash Shelby Deeter @shelbymary_)

LABVIRAL.COM - Valentine atau hari kasih sayang dirayakan setiap tanggal 14 Februari. Momen ini sering diisi dengan saling memberi hadiah kepada pasangan sebagai tanda kasih sayang.

Beberapa hadiah yang umum diberikan adalah bunga dan cokelat. Nggak heran jika cokelat seolah tak pernah absen dan menjadi ciri khas Valentine.

Dikutip dari History.com, zaman dulu cokelat dianggap sebagai makanan mewah yang diperuntukkan untuk kaum elite Suku Maya dan Aztec. Sebab, cokelat melambangkan kasih sayang, kenyaman dan sensualitas serta manfaat kesehatan.

Baca Juga: 5 Cara Membahagiakan Suami, Saling Memberi Cinta dan Kasih

Inovasi Coklat Cadbury

Ilustrasi Makan Cokelat (Freepik/garetsvisual)

Namun zaman berganti dan cokelat menjadi makanan masyarakat umum. Sosok Richard Cadbury yang dinilai paling berjasa terhadap perkembangan makanan cokelat. 

Dia menambahkan mentega pada biji kakao untuk menghasilkan rasa cokelat yang lebih enak. Inovasi ini tidak sengaja menghasilkan varian cokelat baru yang membuat Cadbury dikenal sebagai brand cokelat legendaris sampai sekarang.

Tak cuma itu, Cadbury juga melakukan inovasi lain pada cokelat jualannya. Ia memberikan gambar cupid atau peri cinta di kotak cokelat yang berbentuk hati. Dari sini muncul gagasan cokelat sebagai hadiah Valentine untuk orang tersayang.

Baca Juga: 4 Keutamaan Membaca Sholawat Tarhim Terutama saat Menjelang Subuh

Cokelat untuk Valentine

Sejarah cokelat identik dengan Valentine (freepik.com)

Baru di tahun 1840-an, tanggal 14 Februari menjadi hari libur untuk merayakan kasih sayang. Ide ini disambut baik oleh masyarakat Eropa dengan saling memberikan hadiah ke pasangan. Salah satu hadiah yang dominan diberikan ke pasangan adalah cokelat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini