6 Syarat Sah Sholat Jumat yang Wajib Diketahui Laki-laki

Dian Eko Prasetio
Kamis 30 Maret 2023, 06:20 WIB
6 Syarat Sah Sholat Jumat yang Wajib Diketahui Laki-laki (Sumber : unsplash.com/V)

6 Syarat Sah Sholat Jumat yang Wajib Diketahui Laki-laki (Sumber : unsplash.com/V)

LABVIRAL.COM Bagi laki-laki muslim, wajib hukumnya mengerjakan sholat Jumat pada setiap pekannya. Kewajiban ini sebagaimana tercantum dalam salah satu ayat yang diturunkan oleh Allah Swt.

"Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS. Al-Jumuah ayat 9).

Sebagai sebuah kewajiban, penting untuk diketahui apa saja syarat sah sholat Jumat agar ketika menjalankannya tidak sia-sia.

Baca Juga: 5 Fakta Isra Miraj yang Wajib Diimani Meski Sulit Diterima Akal Manusia

1. Dilakukan di Waktu Zuhur

Ilustrasi sholat zuhur. (Polotno Studio)

 

Syarat sah yang pertama ialah harus dilakukan pada waktu Zuhur di hari Jumat. Kurang lebih kalau diukur dengan jam yaitu sekitar pukul 12.00.

Bahkan apabila sholat Jumat dikerjakan pukul 14.00, hal ini tetap sah selagi belum masuk waktu Asar.

Dalam sebuah hadis dari sahabat Anas disebutkan, “Sesungguhnya Nabi saw melakukan sholat Jumat saat matahari condong ke barat (waktu Zuhur).” (HR. Bukhari).

2. Pelaksanaan di Area Pemukiman Warga

Dikutip dari NU Online pada Jumat, 17 Februari 2023, sholat ini harus dilakukan di pemukiman warga sekiranya para musafir tidak diperbolehkan mengerjakan sholat Qashar.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini