5 Tanda Orang Berbohong Bisa Dilihat dari Ekspresi Wajahnya

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 30 Maret 2023, 21:59 WIB
Ilustrasi, tanda-tanda berbohong.

Ilustrasi, tanda-tanda berbohong.

LABVIRAL.COM - Kamu terkadang tidak tahu jika tengah dibohongi seseorang. Sekarang tidak usah khawatir lagi. Mark Bouton, seorang agen FBI yang telah bekrja selama 30, membuka rahasi tanda-tanda orang berbohong dari ekspresi wajahnya. FBI adalah badan investigasi kasus-kasus penting milik Amerika Serikat.

"Ada sejumlah ekspresi wajah dan reaksi terkait yang bisa mengindikasikan seseorang berbohong kepada kamu," katanya dikuti dari Business Insider

"Beberapa disebabkan oleh kegugupan, beberapa oleh reaksi kimia, dan lainnya oleh reaksi fisik," tambahnya.

Baca Juga: Load Scanner, Teknologi Untuk Kalkulasi Muatan Truk

Lalu, bagaimana secara detail tanda-tanda orang berbohong menurut agen FBI ini? Simak ulasanya di bawah ini:

1. Dari matanya

Salah satu tanda yang paling umum dinilai saat bercakap-cakap dengan orang lain ialah kontak mata. Orang yang berbohong akan sulit menatap mata lawan bicaranya. ia memilih menggerak-gerakkan mata ke sana ke mari.

Selain itu, mata yang cenderung melirik ke kanan maupun atas atau bawah juga bisa mengindikasikan seseorang tengah berbohong. Biasanya orang normal akan menatap lurus atau melirik ke kiri untuk mengingat sebuah visual. Namun jika kebanyakan melirik ke kanan itu artinya orang tersebut tengah mengakses imajinasinya untuk menemukan jawaban.

Selain lirikan, mata yang berkedip terlalu cepat juga bisa dijadikan tanda. Bouton mengatakan normalnya orang berkedip lima atau enam kali dalam satu menit atau setiap 10 hingga 12 detik sekali. Namun ketika orang sedang stress karena jawaban atau kebohongannya akan berkedip sebanyak lima atau enam kali bertutur-turut.

Baca Juga: Hindari Nikah Muda untuk Kurangi Risiko Kematian Ibu Melahirkan!

2. Dari bibirnya

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini