Mengenal Ciri-ciri Buraq, Kendaraan Nabi Muhammad saat Isra Mikraj Terjadi

Dian Eko Prasetio
Jumat 31 Maret 2023, 00:52 WIB
Mengenal Ciri-ciri Buraq, Kendaraan Nabi Muhammad saat Isra Mikraj Terjadi (Sumber : pixabay.com/Mystic Art Design)

Mengenal Ciri-ciri Buraq, Kendaraan Nabi Muhammad saat Isra Mikraj Terjadi (Sumber : pixabay.com/Mystic Art Design)

LABVIRAL.COM - Ketika mendengar tentang Isra Mikraj, nama Buraq tentu tidak bisa dipisahkan. Sebab binatang gaib tersebut diyakini menjadi kendaraan Nabi Muhammad saw sehingga bisa melakukan perjalanan secepat kilat.

Binatang ini dikatakan gaib karena belum pernah ada yang melihat kecuali Rasulullah saw. Lantas, seperti apa ciri-ciri Buraq yang dijelaskan dalam berbagai riwayat? Simak sampai habis artikel ini yuk!

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Sholat Qashar Beserta Dalilnya dalam Al-Qur’an

Pengertian Buraq

Ilustrasi buraq dalam peristiwa Isra Mikraj (pixabay.com/Joan Greenman)

 

Buraq adalah binatang ciptaan Allah yang menjadi kendaraan Rasulullah saw untuk melakukan perjalanan panjang dalam waktu semalam atau yang juga disebut dengan peristiwa Isra Mikraj.

Menurut KBBI, Buraq ditulis burak artinya kendaraan yang sangat cepat, digunakan Nabi Muhammad saw ketika melaksanakan Isra Mikraj.

Dalam Al-Qur'an Surah Al-Baqarah ayat 20, Buraq (Al-Barqu) diartikan sebagai kilat, atau petir. Maka dari itu, tak heran apabila hewan ini bisa bergerak sangat cepat.

Peristiwa Isra Mikraj sendiri diyakini terjadi pada tanggal 27 Rajab. Isra merupakan perjalanan kilat Nabi Muhammad saw dari Masjidil Haram (Makkah) menuju Masjidil Aqsa (Palestina)

Sedangkan Mikraj adalah naiknya Nabi Muhammad dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha (langit ke-7) untuk menerima wahyu sholat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Ini Cara Mengecek Pajak Motor melalui SMS

Jumat 31 Maret 2023, 00:44 WIB
Ini Cara Mengecek Pajak Motor melalui SMS
Berita Terkini