7 Jenis Makanan dan Minuman yang Diharamkan dalam Islam, Muslim Harus Tahu!

Dian Eko Prasetio
Jumat 31 Maret 2023, 04:10 WIB
7 Jenis Makanan dan Minuman yang Diharamkan dalam Islam, Muslim Harus Tahu! (Sumber : pexels.com/Cleo Vergara)

7 Jenis Makanan dan Minuman yang Diharamkan dalam Islam, Muslim Harus Tahu! (Sumber : pexels.com/Cleo Vergara)

LABVIRAL.COM - Di dunia ini, ada berbagai jenis makanan dan minuman yang diharamkan dalam Islam sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis.

Maka dari itu, umat muslim wajib mengonsumsi yang halal mulai dari cara mendapatkannya, dzatnya, kandungannya, pembungkusnya dan seterusnya.

Allah Swt berfirman yang artinya, “Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.” (QS. Al- Maidah ayat 88)

Berkaitan dengan hal itu, kali ini labviral.com akan membahas jenis-jenis makanan haram sebagaimana dijelaskan dalam berbagai dalil. So, keep reading ya!

Baca Juga: Mengenal Ciri-ciri Buraq, Kendaraan Nabi Muhammad saat Isra Mikraj Terjadi

Dalil Al-Qur’an

Al-Qur'an Surah Al Kautsar (unsplash.com/Madrosah Sunnah)

 

Di dalam Al-Qur’an, beberapa kali Allah Swt memberikan rambu-rambu tentang makanan dan minuman yang diharamkan. Misalnya pada Surah Al-Maidah ayat 3, terdapat beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi.

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.” (QS. Al Maidah ayat 3)

Kemudian dalam Surah Al-Baqarah, Allah Swt juga menyebutkan makanan apa saja yang diharamkan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini