Malaysia dan 4 Negara Lain Ajukan Kebaya sebagai Warisan Budaya Tak Benda ke UNESCO

Yusuf Tirtayasa
Kamis 06 April 2023, 23:17 WIB
Ilustrasi Kebaya (Sumber : Freepik)

Ilustrasi Kebaya (Sumber : Freepik)

LABVIRAL.COM - Malaysia, Brunei, Indonesia, Singapura, dan Thailand telah bersama-sama mengajukan nominasi kebaya untuk Warisan Budaya Tak Benda (ICH) UNESCO tahun 2023.

Nominasi multinasional tersebut diajukan karena sektor garmen tersebut kental dengan warisan budaya Asia Tenggara. Kebaya juga mewakili identitas perempuan di daerah tersebut, khususnya dari komunitas Melayu, Tionghoa dan lainnya.

"Malaysia, Brunei, Indonesia, Singapura, dan Thailand telah bersama-sama mengajukan nominasi multinasional untuk kebaya ke UNESCO karena mewakili dan merayakan kekayaan dan sejarah," kata Kementerian Pariwisata, Seni, dan Budaya Malaysia dalam sebuah pernyataan pada 4 April 2023.

Baca Juga: Lirik Lagu Ramli Sarip "Budaya" Yang Berduet Dengan Penyanyi Muda Malaysia Hazama

“Dengan keterlibatan pejabat pemerintah, pakar, dan perwakilan komunitas kebaya dari semua negara peserta, berkas nominasi kebaya diperbarui dan disederhanakan sesuai format baru oleh UNESCO," tambah kementerian itu melansir sea.mashable.com.

Kelima negara tersebut memandang kebaya sebagai unsur warisan budaya takbenda atau ICH karena proses pembuatannya membutuhkan keahlian tradisional dan bordir serta teknik menjahit.

Kebaya juga terkait dengan bentuk warisan budaya lainnya, seperti acara pesta dan pernikahan. Ada komunitas aktif pembuat dan pemakai kebaya yang berbagi dan mentransmisikan pengetahuan dan nilai sosial budaya kebaya dari satu generasi ke generasi lainnya. Kebaya memberi kita kesempatan untuk mempromosikan dan merayakan warisan budaya bersama yang ditemukan di kawasan Asia Tenggara ini," bunyi pernyataan dari kementerian.

Kelima negara akan mengetahui apakah pencalonan mereka berhasil pada Sesi ke-19 Komite Antarpemerintah untuk Perlindungan Warisan Budaya Takbenda pada tahun 2024.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkini