Penelitian: Kerja yang Efektif Itu Hanya 4 Hari Seminggu

Tim Redaksi Labviral
Jumat 07 April 2023, 13:07 WIB
Penelitian: Kerja yang Efektif Itu Hanya 4 Hari Seminggu (Freepik/benzoix)

Penelitian: Kerja yang Efektif Itu Hanya 4 Hari Seminggu (Freepik/benzoix)

LABVIRAL.COM, Sebuah uji coba terbesar yang di laporkan di Inggris mengungkapkan bahwa empat hari kerja selama seminggu membuat seseorang lebih produktif bagi sebagian staf dan perusahaan daripada bekerja lima hari seminggu.

Dilansir dari channel news asia oleh Labviral.com, uji coba yang melibatkan 60 perusahaan di Inggris ini melibatkan hampir 3 ribu karyawan untuk bekerja satu hari lebih sedikit per/minggu atau selama empat hari bekerja.

Percobaan ini diselenggarakan oleh kelompok nirlaba 4 Day Week Global bersama lembaga think tank Autonomy, University of Cambridge dan Boston College di Amerika Serikat yang dilakukan antara Juni dan Desember lalu.

Baca Juga: 7 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Menurut Penelitian Medis

Studi tersebut menemukan lebih sembilan dari sepuluh perusahaan akan melanjutkan minggu kerja yang dipersingkat atau berencana untuk melakukannya, kata penyelenggara dalam sebuah pernyataan. Sementara, hanya empat persen yang tidak akan memperpanjangnya.

"Hasilnya sebagian besar pencapaiannya stabil. Bahkan, produktivitas pun meningkat dan mereka tidak menderita, serta minggu kerja yang lebih ringan dengan pendapatan perusahaan naik rata-rata 1,4 persen selama uji coba."

"Pendapatan melonjak rata-rata 35 persen, jika dibandingkan dengan periode serupa dari tahun-tahun sebelumnya," jelas peneliti utama dan profesor Boston College Juliet Schor.

Baca Juga: 6 Manfaat Tidur Malam bagi Kesehatan Mental dan Fisik

Studi ini juga menemukan bahwa perekrutan meningkat dan ketidakhadiran menurun. Para peneliti menyimpulkan bahwa kesehatan dan kesejahteraan karyawan secara keseluruhan telah meningkat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini