Muncul Flek Hitam di Wajah, Ketahui 5 Sebab dan Cara Mengatasinya

Tim Redaksi Labviral
Senin 10 April 2023, 19:11 WIB
Muncul Flek Hitam di Wajah, Ketahui 5 Sebab dan Cara Mengatasinya (Freepik.com)

Muncul Flek Hitam di Wajah, Ketahui 5 Sebab dan Cara Mengatasinya (Freepik.com)

LABVIRAL.COM, Kemunculan flek hitam di kulit wajah sering membuat seseorang tak percaya diri. Tak jarang banyak yang mengakalinya dengan menutupinya menggunakan foundation atau concealer saat memakai makeup.

Kemunculan flek hitam ini sebenarnya normal dialami siapa saja. Flek hitam muncul karena peningkatan produksi melanin, yaitu pigmen pemberi warna kulit yang tidak sewajarnya.

Flek hitam atau dikenal dengan ephelis dalam dunia medis merupakan bintik-bintik kecil berwarna coklat atau kehitaman yang muncul pada kulit, seringkali ditemukan di area wajah. Meskipun umumnya muncul di wajah, kondisi ini juga bisa ditemukan di anggota tubuh yang lain seperti punggung tangan, kulit lengan, leher, atau bahu dan dada.

Baca Juga: 7 Minuman yang Bikin Kulit Wajah Glowing, dari Air Kelapa hingga Mentimun

Apa saja penyebab flek hitam?

Kemunculan pigmen lebih gelap dari pada area kulit wajah sekitarnya ini bisa disebabkan oleh banyak hal, antara lain. 

1. Faktor genetik

Beberapa penelitian menunjukkan, terjadinya hiperpigmentasi atau produksi melanin yang berlebih dapat diturunkan melalui DNA seseorang kepada keturunannya, sehingga anak yang memiliki orang tua dengan masalah flek hitam memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan dengan anak dengan orang tua tanpa masalah flek hitam.

2. Paparan sinar UV berlebih

Mendapat paparan sinar UV yang berlebihan juga dapat menyebabkan flek hitam di wajah. Sinar matahari memancarkan radiasi UVA dan UVB pada kulit yang bisa sebabkan berbagai dampak buruk pada kulit, salah satunya adalah merangsang produksi melanin.

3. Perubahan hormonal

Seiring bertambahnya usia, tubuh memiliki banyak hormon yang bisa saja mengalami perubahan. Misalnya hormon yang ditimbulkan oleh menstruasi atau hamil yang memicu produksi melanin tinggi sehingga memunculkan flek hitam.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Skincare untuk Wajah Berjerawat, Bikin Jadi Mulus

4. Penggunaan kosmetik

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini