Hairball Pada Kucing, Seperti ini Penjelasan dan Penanganannya

Ananta
Rabu 12 April 2023, 13:34 WIB
Hairball Pada Kucing, Seperti ini Penjelasan dan Penanganannya (Sumber : Freepik.com)

Hairball Pada Kucing, Seperti ini Penjelasan dan Penanganannya (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Hairball merupakan sebuah kondisi umum yang dialami kucing sebagai akibat dari aktivitas kucing saat merawat tubuhnya sendiri dengan menjilati seluruh tubuhnya.

Saat melakukan hal tersebut, ada sebagian dari bulu kucing yang rontok, tertangkap oleh tekstur lidah kucing yang kasar dan kemudian tertelan.

Sebagian besar bulu ini akan keluar melalui saluran pencernaan tanpa masalah. Tetapi jika sebagian rambut tetap berada di dalam perut, maka akan membentuk Hairball .

Baca Juga: 6 Alasan Umum Mengapa Kucing Tidak Nafsu Makan

Biasanya, kucing Anda akan memuntahkan hairball untuk membuangnya. Karena hairball melewati kerongkongan yang sempit saat keluar, hairball sering kali tampak tipis dan seperti tabung, bukan bulat.

Hairball  pada kucing lebih sering muncul pada ras berbulu panjang, seperti Persia dan Maine Coon. Kucing yang sering merontokkan bulu atau yang gemar menggosok dirinya sendiri juga lebih mungkin mengalami Hairball  karena mereka cenderung menelan banyak bulu.

Kondisi ini bisa saja tidak terlihat saat kucing masih kecil, namun ketika sudah dewasa, kucing cenderung akan mengalami Hairball.

Baca Juga: 7 Langkah Menjaga Kesehatan Anak Kucing, Biar Terhindar Penyakit

Meskipun jarang terjadi, Hairball dapat menimbulkan bahaya jika gumpalan bulu di perut kucing menjadi terlalu besar untuk dikeluarkan atau tersangkut di saluran pencernaannya.

Gejala Hairball pada Kucing yang membahayakan

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait
Style

8 Cara Memilih Makanan Kucing yang Sehat

Sabtu 08 April 2023, 22:23 WIB
8 Cara Memilih Makanan Kucing yang Sehat
Berita Terkini