5 Cara Merawat Rambut Berwarnamu Biar Gak Cepat Pudar

Tim Redaksi Labviral
Jumat 14 April 2023, 17:38 WIB
5 Cara Merawat Rambut Berwarnamu Biar Gak Cepat Pudar (Khusen Rustamov/Pixabay)

5 Cara Merawat Rambut Berwarnamu Biar Gak Cepat Pudar (Khusen Rustamov/Pixabay)

LABVIRAL.COM - Bagi beberapa orang mewarnai rambut adalah hal yang menyenangkan. Selain membuat penampilan menjadi lebih berwarna, cat rambut dengan warna yang cocok akan membuat wajah semakin tampak segar dan cerah. Namun, tidak jarang kasus rambut yang diwarnai mudah pudar. Maka perlu perawatan khusus bagi rambut berwarna.

Di samping itu, cat rambut tidak permanen bisa luntur dan memudar dalam durasi waktu tertentu. Bahkan ada yang memudar dengan waktu yang cepat. Saat memudar rambut akan terlihat kusam, dan tentu saja hal ini mengganggu penampilan. 

Beberapa orang pun terpaksa mewarnai ulang rambut lantaran sudah luntur dan warnanya memudar. Akhirnya cara menjaga rambut yang diwarnai agar tidak mudah pudar dan tidak kusam harus diketahui. 

Jika kamu belum tahu cara merawat rambut yang sudah diwarnai, simak tips di bawah ini:

Baca Juga: 5 Manfaat dari Air Beras untuk Rambut, Bisa Melebatkan dan Menghitamkan

Jangan sering keramas

Jangan keramas terlalu sering, apalagi setiap hari. Setiap kali terkena kandungan shampoo, kutikula rambut akan terbuka dan membuat warna berkurang. Keramas cukup dilakukan dua kali dalam satu minggu menggunakan dry shampoo di hari lain. Penggunaannya cukup semprotkan ke akar rambut kemudian disisir tanpa dibilas.

Baca Juga: Pakar: Makanan Ini Membuat Rambut Tebal, Panjang dan Bebas Rontok

Jangan membilas dengan air panas

Air panas dengan suhu tinggi akan menyebabkan lapisan kutikula luar terangkat, sehingga bisa membuat warna rambut pudar dalam waktu yang singkat. Disarankan juga untuk keramas setelah 24 jam setelah mewarnai rambut, agar pewarna rambut dapat meresap dengan baik dan sempurna.

Menghindari alat styling rambut juga perlu, karena hal tersebut dapat merusak dan membuat rambut menjadi lebih kering. Warna rambut akan cepat memudar dengan kondisi rambut yang kering. Selalu semprotkan produk pelindung sebelum menggunakan alat styling.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini