Membatasi Jumlah Asupan Kalori Harian dapat Perlambat Penuaan

Zahwa Elia Azzahra
Senin 13 Maret 2023, 21:47 WIB
Ilustrasi Mengontrol Asupan Kalori Harian

Ilustrasi Mengontrol Asupan Kalori Harian

LABVIRAL.COM - Masalah penuaan tidak bisa dihindari. Semua orang pasti akan mengalami penuaan. Namun, penuaan bisa diperlambat dengan menerapkan pola gaya hidup yang sehat, misalnya mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi, olahraga secara rutin serta melakukan perawatan kecantikan. 

Paling umum dan mudah dilakukan untuk menunda penuaan adalah dengan memperhatikan pola makan sehari-hari, misalnya dengan membatasi asupan kalori harian.

Dijelaskan dalam sebuah studi yang mengatakan seseorang dapat memperlambat laju penuaan sekitar 2 persen hingga 3 persen jika menurunkan jumlah kalori yang dimakan sebesar 25 persen. 

Baca Juga: Punya Penyakit Khusus Bolehkah Konsumsi Pil Biru? Begini Jawapan Dokter

Menurut Daniel W. Belsky, PhD, seorang peneliti di Butler Columbia Aging Center di Columbia University Mailman School of Public Health di New York City mengatakan, jumlah tersebut mungkin tampak seperti sedikit manfaat. Namun, para ahli mengatakan itu sebenarnya masalah yang cukup besar.

"Dalam penelitian lain, perbedaan yang sama dalam kecepatan penuaan memiliki konsekuensi yang berarti bagi risiko kematian orang," katanya dikutip LABVIRAL.com dari laman Webmd.

Penelitian ini menggunakan responden sebanyak 75 orang yang makan secara normal, kemudian 145 orang yang secara acak ditugaskan untuk mengurangi kalori mereka. 

Baca Juga: Waspada! Jamu Kuat Tak Bikin Pria Makin Jreng!

Hasil penelitian tersebut dipublikasikan pekan lalu di jurnal Nature Aging yang menyatakan, dengan mengurangi jumlah kalori harian dapat memperlambat laju penuaan mereka sebesar 2 persen hingga 3 persen selama 2 tahun dalam uji coba terkontrol secara acak. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini