Peneliti Ungkap Alasan Makin Banyak Milenial yang Kena Stroke

Tim Redaksi Labviral
Selasa 18 April 2023, 01:31 WIB
Peneliti Ungkap Alasan Makin Banyak Milenial yang Kena Stroke (FOTO: Freepik.com/Studioredcup)

Peneliti Ungkap Alasan Makin Banyak Milenial yang Kena Stroke (FOTO: Freepik.com/Studioredcup)

LABVIRAL.COM - Stroke adalah penyebab utama kematian dan kecacatan di Amerika Serikat dengan lebih dari 795 ribu orang menderita stroke setiap tahunnya.

Sebuah analisis baru-baru ini dari peniliti di Rutgers University menunjukkan bahwa jumlah peningkatan kematian akibat stroke di Amerika Serikat dari 1975 hingga 2019. 

Tetapi, menurut peneliti, kematian akibat stroke akan meningkat di kalangan milenial dibandingkan generasi sebelumnya. Analisis ini diterbitkan dalam International Journal of Epidemiology.

Dilansir Labviral.com dari laman Healthline, analisis Rutgers adalah yang pertama memisahkan pasien berdasarkan tahun kelahiran dan mengidentifikasi peningkatan risiko stroke iskemik yang disesuaikan dengan usia di antara orang-orang berusia 18 hingga 84 tahun di Amerika Serikat antara tahun 1975 dan 2019.

Baca Juga: Bisa Heat Stroke, Naik Motor Siang Hari Berbahaya untuk Kesehatan Loh!

"Mulai sekitar tahun 1960, semakin lama lahir semakin tinggi risiko menderita stroke iskemik yang fatal pada usia tertentu," ungkap Cande Ananth, PhD, MPH, penulis utama studi dan kepala Divisi Epidemiologi dan Biostatistik di Departemen Obstetri, Ginekologi, dan Ilmu Reproduksi Rutgers Robert Wood Johnson Medical School.

"Studi ini tidak mengidentifikasi penyebab tren ini, tetapi penelitian lain menunjukkan penyebab utamanya adalah meningkatnya tingkat obesitas dan diabetes," lanjut Ananth.

Para peneliti juga menemukan bahwa tingkat kematian akibat stroke turun lebih banyak untuk stroke iskemik (80 persen), dibandingkan dengan stroke hemoragik (65 persen).

Temuan penting lainnya adalah disparitas antara tingkat kematian akibat stroke pria dan wanita, yang berkurang seiring bertambahnya usia pasien. Pria berusia 55 tahun lebih dari dua kali lebih mungkin mengalami stroke yang mengakibatkan kematian dibandingkan dengan wanita. Namun, tingkat stroke fatal hampir sama pada usia 85 tahun.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini