Yuk Ketahui Bagaimana Virus Hepatitis Menular!

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 02:35 WIB
Ilustrasi liver atau hati

Ilustrasi liver atau hati

LABVIRAL.COM - Hepatitis masih menjadi penyakit yang ditakuti karena dampak yang diberikan pada tubuh penderitanya. Alasannya, karena penyakit ini bisa berkembang menjadi fibrosis, sirosis, atau kanker hati.

Secara umum, ada lima virus hepatitis yang diklasifikasikan sebagai tipe A, B, C, D dan E. Kelima jenis virus hepatitis ini menular dari orang ke orang. Lantas, bagaimana cara menularkannya?

Dilansir dari laman WHO oleh Labviral.com, infeksi virus adalah penyebab paling umum penyakit hepatitis. Namun, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh alkohol, zat beracun, obat-obatan tertentu hingga penyakit autoimun.

Baca Juga: Bukan Kaleng-kaleng, Ini Manfaat Kafein Bagi Kesehatan

Penyakit hepatitis yang dapat menular adalah hepatitis yang disebabkan oleh virus. Meski penularan bisa terjadi dengan berbagai cara, kebersihan dan kondisi sanitasi yang buruk dapat membuat risiko penularan meningkat.

Maka tak heran jika kita banyak melihat iklan layanan sosial yang membahas kebersihan sanitasi dan kebersihan tangan sebelum makan dan minum agar terhindar dari jenis penyakit yang satu ini. Jika diklasifikasikan melalui cara penularannya, hepatitis A dan E memiliki cara penularan yang sama, yaitu melalui konsumsi air atau makanan yang telah terkontaminasi.

Sedangkan hepatitis B, C dan D memiliki rute parenteral. Rute parenteral adalah jalur penularan virus yang terjadi melalui apa pun. Ini berarti bahwa virus dapat masuk melalui semua rute, kecuali melalui saluran usus, yang membuka pintu lebar-lebar dalam hal kemungkinan paparan.

Baca Juga: Agar Sama-sama Bahagia, Berikut 2 Alasan Kenapa Obat Kuat Diperlukan

Jenis virus hepatitis yang memiliki cara penularan seperti ini, dapat ditularkan melalui cairan tubuh orang yang terinfeksi, seperti darah, keringat, air mata, air liur, air mani, cairan vagina hingga darah menstruasi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini