Bukan Kaleng-kaleng, Ini Manfaat Kafein Bagi Kesehatan

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 01:57 WIB
Ilustrasi, kafein dalan kopi

Ilustrasi, kafein dalan kopi

HOEDHOED.COM - Kafeina, atau yang lebih dikenal dengan kafein, merupakan senyawa alami alkaloid xantina yang berbentuk kristal yang memiliki cita rasa pahit. Senyawa ini bisa bekerja sebagai obat perangsang otak dan sistem saraf pusat untuk membuat tubuh tetap terjaga dan meringankan rasa lelah. 

Kafein populer dapat ditemukan secara alami pada tanaman teh, kopi, dan juga cokelat. Kafein ditemukan oleh seorang kimiawan Jerman, Friedrich Ferdinand Runge, pada tahun 1819. Perlu kamu tahu, kafein juga dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan, apa saja manfaat kafein bagi kesehatan? Berikut ini Hoedhoed.com jelaskan manfaat kafein bagi kesehatan, yuk disimak!

Sebagai peningkat fokus 

Kafein merupakan senyawa alami, yang bisa meningkatkan fokus dan kewaspadaan diri. Selain itu kafein juga bisa memberikan efek semangat dan lebih berenergi.

Baca Juga: Agar Sama-sama Bahagia, Berikut 2 Alasan Kenapa Obat Kuat Diperlukan

Sebagai peningkat daya ingat dan kemampuan kognitif

Mengonsumsi kafein juga bisa meningkatkan daya ingat mengonsumsi kafein dari kopi pada pagi hari memiliki nilai yang lebih baik pada tes atau ujian dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi.

Selain itu, kafein juga bisa menurunkan risiko Anda mengalami gangguan fungsi kognitif akibat usia lanjut, seperti yang terjadi pada penyakit Alzheimer dan demensia.

Baca Juga: 5 Trik Tata Rias Dasar yang Perlu Diketahui

Mengurangi risiko jantung dan diabetes 

Kopi adalah sumber kafein yang paling umum dikonsumsi. Dengan mengonsumsi kafein dari kopi, Anda bisa mendapatkan berbagai macam antioksidan, seperti asam klorogenat, yang diketahui dapat menurunkan risiko menderita penyakit jantung dan diabetes.

Meski begitu, kafein dalam kopi diketahui dapat meningkatkan tekanan darah dan mungkin mendorong jantung bekerja lebih berat. Meminum kopi yang mengandung banyak gula juga akan meningkatkan kadar gula darah. Jadi, konsumsilah kopi beserta gula dan krimernya dalam jumlah yang wajar.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini