Campak Berbahaya Bagi Anak, Yuk Orang Tua Kenali Gejalanya!

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 02:48 WIB
Ilustrasi anak yang terinfeksi virus campak

Ilustrasi anak yang terinfeksi virus campak

LABVIRAL.COM - Campak merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus keluarga paramyxovirus. Campak menginfeksi saluran pernapasan lalu menyebar ke seluruh tubuh.

Umumnya, virus campak akan bertahan selama 7-14 hari di dalam tubuh. Campak yang dialami bayi dan anak-anak dapat menjadi penyakit yang cukup berbahaya jika tidak ditangani dengan benar. Sebelum ditemukannya imunisasi, campak merupakan penyakit endemik yang menyebabkan kematian setiap tahunnya.

Untuk itu, sangat penting bagi orang tua mengenali tanda atau gejala ketika sang buah hati terinfeksi campak.

Baca Juga: Tak Hanya Menyerang Anak-anak, Begini Gejala Campak pada Orang Dewasa

Melansir kanal YouTube Ayah Bunda Pintar, gejala awal campak pada anak umumnya akan muncul satu hingga dua minggu setelah anak terinfeksi. Setelah itu, gejala campak lainnya ditandai dengan demam tinggi sampai 40 derajat celcius yang diikuti dengan mata merah dan berair, pilek, bersin, batuk kering, kelelahan, sensitif terhadap cahaya, serta hilangnya nafsu makan.

Pada hari ke 2-3, si kecil akan muncul bintik-bintik putih keabuan di mulut serta tenggorokan. Sedangkan ruam merah akan muncul saat 3- 5 hari setelah gejala awal terlihat. Adapun siklus yaing bisa orang tua pahami, sebagai berikut:

  • 7-14 hari setelah infeksi: gejala pertama muncul. Pada dasarnya, campak bukanlah hanya muncul ruam kemerahan kecil biasa. Karena akan muncul gejala-gejala  seperti batuk, pilek, demam, dan sebagainya.
  • 2-3 hari setelah gejala pertama: koplik spot. Munculnya bintik-bintik kecil (bintik koplik) yang muncul pada mulut dan tenggorokan. Namun tak semua anak terkena campak akan muncul bintik pada mulutnya. Selain itu, bintik ini hanya akan berlangsung selama beberapa hari saja.
  • 3-5 hari setelah gejala pertama: ruam campak. Biasanya gejala ini dimulai dengan bintik merah datar yang timbul diwajah, seperti garis rambut dan dapat menyebar hingga ke bawah leher, lengan, dan seluruh bagian kaki. Ruam ini akan memudah setelah sekiranya seminggu, dan di beberapa orang ruam ini akan terasa gatal.

Yuk lebih waspada!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini