Tips Ampuh Bikin Mesin Skutik Tetap Halus Meski Sudah Berumur!

Yowan R
Rabu 15 Maret 2023, 10:40 WIB
Mio sporty tahun 2012 (Sumber : jualo.co.id)

Mio sporty tahun 2012 (Sumber : jualo.co.id)

LABVIRAL.COM - Motor matic merupakan salah satu jenis motor yang paling digemari masyarakat Indonesia saat ini.  Karena dari segi penggunaannya, motor jenis ini lebih praktis dari jenis motor lainnya.

Tetapi, tidak jarang para pengguna motor matic mengeluhkan tentang suara mesinnya yang berisik atau terdengar kasar. Terlebih pada mesin-mesin yang sudah berumur, kondisi ini lebih sering dialami.

Baca Juga: Segera Ganti Komponen Kopling Ganda Motor Maticmu Jika Sudah Begini!

Nah, untuk mengatasi suara berisik pada motor matic yang sudah berumur, kalian bisa ikuti tips yang Rodanesia.com berikan dibawah ini.

1. Ganti oli mesin secara rutin

Sama halnya dengan sepeda motor jenis lain, motor matic juga diharuskan untuk mengganti oli mesinnya secara rutin. Hal ini akan membuat komponen di dalam mesin selalu terlindungi pelumas dengan baik.

Penggantian oli mesin secara rutin menjadikan komponen mesin selalu terjaga dan tidak mudah aus. Lakukanlah penggantian oli mesin motor matic setiap 2.000-3.000 km jarak tempuh.

2. Ganti oli gardan

Tak hanya oli mesinnya saja yang diharuskan untuk diganti secara rutin. Oli gardan atau oli gearbox motor matic juga harus rajin diganti secara rutin dengan Interval penggantian oli gardan yang bisa dilakukan setiap 6.000 hingga 8.000 km, atau setiap 3-4 kali penggantian oli mesin.

Baca Juga: Gampang Kok, Begini Cara Ganti Oli Gardan Motor Matic di Rumah

3. Servis berkala

Selain penggantian oli secara rutin. Motor matic juga perlu dilakukan perawatan berkala atau servis berkala. Hal ini bertujuan agar mesin selalu dalam kondisi prima dan terjaga. Terutama, pada bagian ruang bakar agar tetap bersih tidak meninggalkan karbon sisa pembakaran yang bisa membuat motor kehilangan performa terbaiknya.

4. Ganti part secara berkala

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini