Kaca Mobil Berembun, Kamu Punya 5 Cara Ampuh Mengatasinya Saat Musim Hujan

Tim Redaksi Labviral
Kamis 18 Mei 2023, 18:57 WIB
Kaca Mobil Berembun, Kamu Punya 5 Cara Ampuh Mengatasinya Saat Musim Hujan (FOTO: Freepik.com)

Kaca Mobil Berembun, Kamu Punya 5 Cara Ampuh Mengatasinya Saat Musim Hujan (FOTO: Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Kaca mobil berembun sering terjadi akibat tingkat kelembaban di luar kabin yang sangat tinggi serta adanya perbedaan suhu di luar dan dalam kabin mobil. Hal tersebut juga rawan terjadi saat berkendara di musim hujan.

Kondisi kaca berembun tentunya akan mengganggu pandangan pengemudi dan akan membahayakan dirinya dan pengguna jalan lain. Untuk itu, pengemudi harus gerak cepat mengatasi gangguan kaca berembun pada mobilnya.

Baca Juga: Hilangkan Jamur Kaca Mobil, Ada Cara Murah dan Jitunya

Dilansir dari Carsome, berikut beberapa cara mengatasi kaca mobil berembun.

1. Turunkan Temperatur di Dalam Kabin Mobil

Embun pada kaca mobil terjadi karena adanya perbedaan suhu yang ada di luar dan di dalam kabin. Untuk itu, kamu bisa menurunkan temperatur di dalam kabin mobil sehingga pengembunan (kondensasi) berkurang.

2. Memanfaatkan Fitur Defrost/Defogger

Jika mobilmu dilengkapi dengan fitur defrost/defogger, memanfaatkan fitur ini untuk menghilangkan embun pada kaca mobil. Ventilasi defrost biasanya terletak di kedua sisi paling ujung dashboard. Jika embun terjadi pada kaca bagian belakang mobil, Kamu bisa menggunakan fitur defogger.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Atasi Kaca Mobil Berembun saat Hujan

3. Resirkulasi Udara dalam Mobil

Cara lain mengatasi embun pada kaca mobil adalah dengan menggunakan tombol resirkulasi. Ketika fungsi ini diaktifkan, mobil akan memasukkan udara dari luar dan mengembuskan udara dari dalam tanpa mengubah temperatur.

Dengan begitu, tidak akan ada perbedaan temperatur yang menyebabkan terbentuknya embun. Fungsi resirkulasi udara ini jangan digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jika embun sudah hilang, segera menonaktifkan fitur ini.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Kaca Mobilmu Macet?

Selasa 28 Maret 2023, 05:57 WIB
Kaca Mobilmu Macet?
Berita Terkini