Jarang diketahui, Kenali Manfaat Frit Band ‘Garis Hitam’ Pada Kaca Mobil

Aci
Senin 27 Maret 2023, 16:29 WIB
Ilustrasi garis hitam pada kaca mobil (Sumber : Labviral.com/Ica Juniyanti)

Ilustrasi garis hitam pada kaca mobil (Sumber : Labviral.com/Ica Juniyanti)

LABVIRAL.COM - Terdapat garis hitam menyerupai bingkai pada setiap kaca mobil itu bukan hiasan loh, garis hitam yang menyerupai bingkai pada kaca mobil disebut Frit band.

Frit band adalah pita enamel yang ditempel ke kaca pada saat pembuatan kaca mobil. Tidak sembarang ditempel, pita enamel akan dipanaskan dengan suhu tinggi hingga menyatu dengan kaca tidak bisa dikelupas.

Frit band sering kali abaikan dan dianggap tidak terlalu penting, padahal keberadaannya memiliki fungsi yang cukup penting. Berikut manfaat frit band pada mobil:

Baca Juga: BMW CE 04 Resmi Dirilis, Skuter Listrik Harga Rp 380 Juta Desain Super Sangar!

1. Menutupi lem pada kaca mobil

Frit band membuat lem yang merekat pada kaca mobil tertutupi sehingga tampilan kaca mobil jauh lebih halus dan rapih.

2. Pelindung radiasi sinar UV

Frit yang berwarna hitam berfungsi untuk melindungi perekat lem dari sengatan langsung radiasi UV. Lem akan lebih awet dan tidak lekas getas. Hal ini juga sangat bermanfaat sebagai pencegahan kebocoran pada saat diguyur air.

3. Membuat lem berfungsi maksimal

Frit band membantu lem perekat kaca berfungsi secara maksimal sebab Frit band memberikan efek yang lebih kasar pada permukaan sehingga perekat bisa menempel secara maksimal selain itu frit band juga berfungsi untuk mencegah orang melihat lem dari luar.

Baca Juga: 2 Motor Yamaha Ini Siap Dirilis Tahun Depan! Apa Saja Motor Tersebut?

4. Menyerap panas kaca

Warna hitam pada frit band selain dapat melindungi dari radiasi sinar UV juga berfungsi sebagai penyerap panas kaca yang sempurna karena warna hitam pada bingkai bisa menyerap panas kaca lebih baik hal tersebut membuat pemuaian kaca akibat panas matahari terjadi tanpa kendala. Ada juga frit band yang dikombinasikan corak titik-titik pada beberapa mobil. corak titik-titik tersebut sebagai pembuat transisi cahaya yang halus dari hitam solid ke kaca yang bening membuat mata pengemudi lebih nyaman melihat dan memantau semua keadaan di depan mobilnya, terutama ketika berkendara siang hari di tengah terik sinar matahari.

Itu adalah sedikit penjelasan tentang apa itu frit band dan apa saja manfaat kegunaannya semoga bermanfaat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini